Ahad 17 Apr 2016 14:56 WIB

SEMA BSI Cengkareng Bangun Desa Binaan

Salah satu kegiatan mahasiswa BSI Cengkareng di desa binaan, Desa Cimayang, Banten.
Foto: Dok BSI
Salah satu kegiatan mahasiswa BSI Cengkareng di desa binaan, Desa Cimayang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Mahasiswa memiliki tiga peran penting yakni sebagai iron stock, agent of chage, dan moral force. Sebagai moral force, mahasiswa memiliki peran dan fungsi moral terhadap segala sesuatu yang ada pada lingkungannya.

 

Hal itu telah dilakukan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) kampus BSI Cengkareng, Tangerang, Banten. Mereka mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan desa binaan sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kegiatan yang mengambil tema “Tingkatkan Pendidikan Dan Kepedulian Bermasyarakat” ini dilaksanakan mulai dari 2–8 April 2016. Tempatnya  di Desa Cimayang, tepatnya di Jalan Raya Cimayang, Kampung Sinarkajong, Kecamatan Bjong Manik, Kabupaten  Lebak Banten, Rangkas Bitung.

 

“Penyelenggaraan besa binaan ini menjadi awal gerak langkah dalam usaha mewujudkan perubahan masyarakat yang lebih baik dari mahasiswa,” ujar staf Bidang Kemahasiswaan BSI Jakarta Yudhistira.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan bakti sosial dan penyaluran berbagai macam bantuan untuk lingkungan masyarakat sekitar desa, seperti bantuan sembako dan bantuan perbaikan mushala  sekitar.

Selain itu juga dilakukan pengajaran di SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berada di desa, kerja bakti bersama masyarakat sekitar, dan terakhir adalah peresmian pembuatan taman ilmu atau perpustakaan yang didirikan di pos siskamling Desa Cimayang.

Kegiatan desa binaan  ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan oleh SEMA kampus BSI Cengkareng di desa tersebut. “Kegiatan desa binaan ini akan menjadi kegiatan jangka panjang yang nantinya akan dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan,” ungkap Ketua SEMA BSI Cengkareng Kazasu Kusuma Labsus saat memberikan sumbangan untuk perbaikan mushala  Desa Cimayang.

Kegiatan yang bersifat mulia dan membangun yang ditunjukkan oleh SEMA BSI Cengkareng ini mendapatan sambutan dan apresiasi dari seluruh tokoh dan  masyarakat Desa Cimayang. Mereka dengan antusias menghadiri dan mengikuti setiap acara yang berlangsung terutama bantuan yang diberikan untuk mereka.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan untuk pihak BSI yang telah berkenan membantu masyarakat di Desa Cimayang ini. Semoga apa yang telah dilakukan oleh adik-adik mahasiswa dapat menjadi inspirasi bagi aktivis-aktivis mahasiswa lainnya, khususnya yang ada di BSI agar melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tutur  Kepada Desa Cimayang Uding.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement