Jumat 15 Apr 2016 20:46 WIB

'Seni Teater Punya Efek yang Baik untuk Anak'

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pentas Teater
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pentas Teater "Caligula" oleh Laskar Panggung, Gedung Rumentang Siang, Kota Bandung, Sabtu (12/3). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menilai seni teater harus lebih digaungkan lagi di Indonesia. Upaya tersebut perlu dilakukan agar peminat seni tersebut semakin bertambah.

“Karena seni teater punya efek yang baik untuk anak,” kata pria yang pernah menjabat Rektor Universitas Paramadina ini seusai acara audiensi teater tanah air kepada Republika di Gedung Kamendikbud, Jakarta, Jumat (15/4).

Tidak hanya dapat menumbuhkan rasa percaya diri, seni ini juga bisa mengajarkan anak untuk memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Selain itu, pembelajaran seni ini juga mamu mengolahragakan dan mengolahrasakan anak lebih tumbuh lagi. Secara pribadi, menurut Anies, seni teater dianggap  mampu menguatkan karakter anak.

Sejauh ini, kata Anies, seni teater memang sudah lama masuk ke ranah sekolah. Kegiatannya sudah masuk melalui kegiatan ekstrakurikuler di seluruh tingkatan sekolah. Ke depan, ia melanjutkan, minat seni ini diharapkan mampu meningkat melalui kegiatan tersebut.

Menurut Anies, pada dasarnya kualitas seni teater Indonesia tidak kalah dengan negara-negara maju lainnnya. Hal ini terbukti dengan prestasi yang mampu diraih salah satu teater Indonesia, yakni Teater Tanah Air di tingkat dunia.

Teater ini pernah menjadi juara dunia dalam perhelatan festival teater tingkat internasional dalam beberapa kali. Kondisi demikian tentu menandakan bahwa kualitas seni teater Indonesia sudah di atas rata-rata.

“Bahkan Teater Tanah Air diundang secara khusus dalam festival tingkat dunia di luar negeri pada awal Juni nanti,” kata Pendiri Program Indonesia Mengajar ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement