Selasa 12 Apr 2016 13:49 WIB

Jabar Gelar Musrembang Virtual

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jabar menggelar Musrembang virtual atau e-musrembang di Kantor Bapedda, Selasa (12/4). E-musrembang ini, digelar seperti harapan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada Musrembang 2015 lalu. E-musrembang ini, berbeda dengan musrembang biasanya karena sebagian peserta mengikuti dari daerahnya masing-masing.

Komunikasi, dilakukan secara interaktif peralatan seperti big screen, proyektor dan kamera yang dipasang di ruang Soehoed Bappeda, untuk menghubungkan rapat di Bappeda  dengan sejumlah daerah lainnya.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi, Sekda Jabar Iwa Karniwa serta para Asda dan beberapa anggota dewan duduk berderet menghadap layar. Ada 6 layar dengan gambar berbeda di big screen yang menampilkan gambar suasana di kabupaten/kota di Jabar yang turut serta dalam e-musrembang melalui teleconference ini.

Sejumlah daerah telah menyampaikan program kerja prioritas mereka melalui teleconference ini pada Gubernur Jabar yang juga bisa diikuti oleh daerah lainnya. Daerah yang telah menyampaikan programnya antara lain Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, Purwakarta, Subang, Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Aher mengatakan, digelarnya e-musrembang karena dapat menghemat anggaran, selain itu menjadi bentuk kemajuan di Jabar. Pemprov Jabar, ingin melakukan efisiensi. "Jadi yang dari daerah seperti Cirebon misalnya tidak perlu lagi jauh-jauh. Ini kemajuan," ujar Heryawan yang akrab disapa Aher.

Hampir semua daerah dalam teleconference tersebut, menyebutkan program unggulan. Mayoritas, kabupaten/kota tersebut memperioritaskan program kesehatan dan pendidikan. Daerah pun, banyak yang meminta bantuan pada Pemprov Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement