Sabtu 09 Apr 2016 14:01 WIB

Polisi Selidiki Kasus Tiga Pasien Meninggal Setelah Disuntik Obat Bius, Satu Wanita Caesar

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Jenazah (ilustrasi).
Foto: Antara/ca
Jenazah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Dalam waktu nyaris bersamaan, tiga pasien yang menjalani operasi di Rumah Sakit Mitra Husaha (RSMH) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, meninggal. Polda Lampung melakukan penyidikan tiga pasien yang meninggal setelah menerima suntikan obat bius.

Tiga pasien yang meninggal setelah operasi di RSMH yakni, Devi Pranita (29 tahun) asal Menggala. Ia operasi caesar pada  Senin (4/4) pukul 22.00 WIB, empat jam kemudian ia meninggal. Kedua, pasien bernama Reihan Mahardika (16) asal Kalirejo, Lampung Tengah, melakukan operasi Varicocel Bilateral sekitar pukul 15.30 WIB, pada pukul 03.35 WIB ia meninggal dunia.

Kemudian pasien ketiga, Suripto (60) asal Pringombo, Kabupaten Pringsewu, melakukan operasi tumor di kaki. Ia menjalani operasi tumor pada bagian betis kiri sekitar pukul 16.30 WIB, tujuh jam kemudian ia meninggal.

Kematian ketiga pasien diawali dengan penyuntikkan obat bius, lalu operasi. Setelah beberapa jam pasca operasi, tubuh pasien kejang-kejang, kemudian tidak sadarkan diri, lalu meninggal. Diduga, ketiga pasien diberikan suntikan obat bius jenis Bupivacaine Spinal di tulang punggung mereka.

Meski belum ada pengaduan dari keluarga korban, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung, Sabtu (9/4), akan menyidik kasus kematian tiga pasien tersebut secara bersama setelah operasi di RSMH. “Kasus ini masuk penyidikan,” kata Direskrimsus Polda Lampung, AKBP Dicky Patria Negara.

Menurut dia, kasus tersebut tetap akan disidik meskipun belum ada pengaduan dari keluarga korban. Selain itu, ia menyatakan kasus ini bukan delik aduan, sehingga perlu dilakukan penyelidikan dan penyidikan, untuk mengungkap penyebab kematian tiga pasien tersebut pascaoperasi.

Tim penyidik Polda Lampung akan menjalankan penyidikanmulai dari standar pelayanan hingga penanganan pasien yang akan menjalani operasi di RSMH. Selain itu, petugas juga akan memeriksa kepala rumah sakit, dokter, dan paramedis RSMH, serta jenis obat yang diberikan kepada pasien saat menjalani operasi.

Keterangan yang dikumpulkan, kematian tiga pasien tersebut diduga penggunaan obat bius jenis anastesi bupivacain spina. 

Baca juga, Bentrok di Lampung Utara, Rumah Warga Dibakar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement