Ahad 03 Apr 2016 08:55 WIB

TNI AL Kupang Transplantasi Terumbu Karang

Terumbu karang
Terumbu karang

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang menggelar kegiatan transplantasi terumbu karang di sekitar dermaga Lantamal VII Kupang. Tujuannya untuk melestarikan terumbu karang yang sudah mulai rusak.

"Terumbu karang di perairan sekitar Kupang ini sudah tidak terawat dan hancur, karena itu kegiatan ini bertujuan untuk kembali melestarikan terumbu karang yang menjadi tempat hidup biota laut," kata Kepala Dinas Potensi Maritim Lantamal VII Kupang Letkol (Mar) Yosafat R Hariyadi, di Kupang, Ahad (3/4).

Ia menjelaskan kegiatan transplantasi terumbu karang itu tidak hanya melibatkan 30 personel prajurit TNI AL, tetapi juga sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kupang, anggota Pramuka Saka Bahari, serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat di Kota Kupang. Yosafat mengatakan, tujuan melibatkan pihak luar untuk turut terlibat dalam transplantasi terumbu karang tersebut untuk mengajarkan generasi muda di ibu kota Provinsi NTT tersebut untuk mencintai laut dan menjaga terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan dan binatang laut lainnya.

Dia menambahkan, TNI AL memang sudah mempunyai agenda tahunan untuk melakukan transplantasi terumbu karang. Kegiatan itu diharapkan akan terus berkesinambungan. "Kegiatan ini sifatnya berkesinambungan tidak cuma berhenti pada transplantasi terumbu karang saja, tapi juga pengecekan dan pemeliharaannya akan diperhatikan," ujarnya pula.

Yosafat menyebutkan kurang lebih 50 subtrap dimasukkan ke dasar laut, setelah sebelumnya bibit terumbu karang sudah diikat oleh mahasiswa dan sejumlah LSM yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, TNI AL pada HUT TNI tahun lalu juga telah melakukan transplantasi terumbu karang di perairan Kupang. Salah satunya di wilayah Desa Tablolong, Kupang Barat dengan melibatkan nelayan di desa tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement