Sabtu 02 Apr 2016 22:17 WIB

Ini Alasan Cirebon Disebut Destinasi Wisata yang Lengkap

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
Penampilan tari Semilir Angin Kumbang dari Sanggar Pringgadhing, Kabupaten Cirebon
Penampilan tari Semilir Angin Kumbang dari Sanggar Pringgadhing, Kabupaten Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, sebagai destinasi wisata, Cirebon itu sempurna. Cirebon menjadi kota penting dan pusat lalu-lalang arus perekonomian di Pulau Jawa.

Ia juga mengapresiasi Festival Pesona Cirebon yang berlangsung pada 31 Maret hingga 2 April ini. "Gelaran Festival Pesona Cirebon adalah perpaduan antara nilai budaya yang kuat berkat peranan Kasepuhan Cirebon sebagai pusat kebudayaan, kesenian, dan kuliner dengan commercial value berupa pengelolaan kegiatan yang menarik banyak wisatawan," katanya dalam siaran pers, Sabtu, (2/4).

Cirebon itu, terang dia, sudah kuat budayanya. Sudah tidak perlu diragukan lagi atraksi dari sisi ini. Tetapi budaya saja tidak cukup, harus ditemukan commercial value-nya sehingga menghasilkan kombinasi yang serasi. Ini akan menjadikan Cirebon sebagai salah satu destinasi terbaik.

"Apalagi jaraknya dengan ibu kota, pusat market pariwisata sangat dekat," kata Arief.

Kementerian Pariwisata menilai Cirebon memiliki potensi wisata yang lengkap karena memiliki unsur budaya, alam, religi, kuliner, maupun sejarah. Oleh karena itu,  Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan Festival Pesona Cirebon.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Kementerian Pariwisata, Raseno Arya menambahkan, Festival Pesona Cirebon adalah bagian dari promosi pariwisata Pesona Indonesia maupun Wonderfull Indonesia. Ini promosi yang bagus untuk meningkatkan wisatawan.

Sultan Cirebon, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat mengatakan, Festival Pesona Cirebon akan berlangsung di seluruh Kota Cirebon dengan menampilkan  berbagai acara kesenian dan ragam kuliner khas Cirebon. Terutama di Keraton Kasepuhan dan pelabuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement