Rabu 30 Mar 2016 14:47 WIB

Kaji Kasus Siyono, Komnas HAM Temui MUI

Rep: c25/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Komnas HAM Maneger Nasution
Foto: Republika/ Musiron
Anggota Komnas HAM Maneger Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terus melakukan pengkajian atas kasus Siyono. Kali ini, mereka meminta pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, mengungkapkan pertemuan dengan Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin, bertujuan menyamakan persepsi tentang kasus kematian Siyono. Ia menekankan kasus itu merupakan persoalan kemanusiaan, dan harus diselesaikan lewat sinergi dengan semua komponen masyarakat.

"Sebab ini persoalan kemanusiaan jadi harus bersinergi dengan semua elemen masyarakat, termasuk MUI," kata Maneger kepada Republika.co.id, Rabu (30/3).

Selain itu, ia menjelaskan pertemuan dilakukan dengan Ma'ruf Amin, dalam posisinya sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebab, lanjut Maneger, sebelumnya Komnas HAM telah melakukan pertemuan dengan PP Muhammadiyah, untuk membahas kasus yang sama.

Terkait perkembangan kasus Siyono, Maneger mengaku telah mencapai sejumlah kesepakatan, dengan PP Muhammadiyah selaku kuasa hukum istri Siyono, Suratmi. Untuk itu, pertemuan kali ini turut dimaksudkan melengkapi kesepahaman yang sama, dengan MUI dan PBNU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement