Rabu 23 Mar 2016 21:00 WIB

Mendagri Ingatkan Bupati Tasikmalaya

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (kiri)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengingatkan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, untuk optimal melayani masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Ini menyusul deklarasi Uu, yang menyatakan siap maju dalam Pilkada Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang, tak berapa lama setelah dilantik sebagai bupati.

Tjahjo meminta agar Uu tetap memberi pelayanan optimal lantaran telah diambil sumpahnya untuk menjaga amanah dalam memimpin Kabupaten Tasikmalaya. "(Pelayanan) Itu harus dan saya sepakat itu (dijaga). Jadi walaupun dia sudah ancang-ancang mau maju, jangan lupa dia diambil sumpah. Dia memegang amanah memimpin daerah," kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (23/3). (Baca: Baru Dilantik, Bupati Tasikmalaya Deklarasikan Sebagai Cagub Jabar)

Meski begitu, Mendagri mengungkap pihaknya tidak bisa melarang atau menegur Uu atas keinginannya maju di Pilgub Jawa Barat. Sebab, tidak ada aturan bagi Mendagri untuk melarang hak politik warga negara dalam hal ini maju di Pilkada.

"Soal mau maju yang lebih tinggi itu hak partai politik yang usung dan hak dia yang mau, nggak ada aturan sih yah, baru deklarasi kan boleh-boleh saja," kata Tjahjo.

Menurut dia, Kemendagri tidak memiliki wewenang untuk melarang keinginan maju seseorang di Pilkada. Kecuali, jika hal itu mengangkut pelayanan dan jalannya roda Pemerintahan Daerah, Kemendagri akan selalu mengingatkan pelayanan menjadi prioritas utama, jika yang maju adalah seorang kepala daerah.

Sebelumnya, sejumlah pihak berharap Mendagri Tjahjo Kumolo segera menegur Uu karena baru 15 menit dilantik, Uu mendeklarasikan siap maju ke Pilkada Jabar 2018. Sejumlah pihak menilai, seharusnya Uu menjalankan pembangunan sesuai sumpah jabatannya terlebih dahulu. Jangan sampai deklarasi ini mengganggu konsentrasi pemerintahan dan pembangunan di Tasikmalaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement