Kamis 17 Mar 2016 06:26 WIB

Pemkab Upayakan Perbaikan 9 Jembatan Rusak di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Jembatan Rusak (ilustrasi)
Foto: Antara
Jembatan Rusak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi berupaya memperbaiki sebanyak sembilan jembatan yang mengalami kerusakan. Jembatan tersebut rusak karena diterjang banjir bandang dan longsor pada beberapa hari lalu.

"Ada sembilan jembatan rusak yang harus segera diperbaiki," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo kepada wartawan Rabu (16/3).

Rinciannya, sebanyak empat jembatan di Kecamatan Jampang Tengah, empat di Nyalindung, dan satu jembatan di Gunungguruh.

Menurut Usman, rusaknya jembatan menyebabkan warga kesulitan untuk bisa menyeberang atau melintasi sungai. Dampaknya, untuk sementara waktu ada warga yang terpaksa melintas sungai dengan terjun ke aliran air. Selain itu ada warga yang secara swadaya membangun jembatan darurat untuk bisa melalui aliran sungai.

Usman mengatakan, upaya perbaikan jalan ini harus mendapatkan prioritas. Langkah itu untuk mencegah terisolasinya warga dari dunia luar.

Selain merusak jembatan ungkapd dia, bencana juga merusak tiga saluran irigasi dan tiga saluran air bersih di beberapa kecamatan.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menambahkan, pemkab akan mempercepat upaya perbaikan jembatan yang rusak akibat bencana. "Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum baik kabupaten dan provinsi untuk perbaikan jembatan," cetus dia.

Targetnya, jembatan yang rusak bisa segera diperbaiki dan akses bagi warga bisa terbuka kembali.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement