Ahad 13 Mar 2016 22:35 WIB

Napi Rutan Tanjung Gusta Simpan Narkoba dan Senjata Tajam

Rep: Issha Harruma/ Red: Karta Raharja Ucu
Pintu masuk Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Pintu masuk Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara dan Polresta Medan merazia Rutan Klas I Tanjung Gusta, Medan. Hasilnya, petugas menemukan narkoba jenis sabu, senjata tajam juga minuman keras.

Razia digelar Sabtu (12/3) sejak pukul 21.30 WIB hingga pukul 01.00 WIB.‎ Dalam razia kali ini, 600 personel Polresta Medan diturunkan ke lokasi. Sementara, petugas dari BNNP Sumut berjumlah 30 orang dan 80 orang dari rutan.‎

"Jumlah blok di Rutan ada 12 dan jumlah tahanan 3.232 orang. Tim dibagi menjadi tujuh," kata Kapolresta Medan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto, Ahad (13/3).

Sejumlah polisi bersenjata lengkap mengawal jalannya razia. Petugas gabungan pun satu per satu masuk ke lokasi dan langsung menggeledah ruangan yang ada. Sementara, para tahanan maupun narapidana dikumpulkan ke aula yang terdapat di blok untuk dilakukan penggeledahan badan dan kamar mereka.

"Saat razia berlangsung, sempat terjadi kegaduhan yang dilakukan tahanan di Blok D karena keberatan atas razia yang dilakukan. Namun, situasi tetap kondusif," ujar Mardiaz.

Dari hasil penggeledahan tersebut, petugas menemukan dua paket kecil narkoba diduga sabu, 30 alat hisap sabu atau bong, puluhan pipa kaca dan plastik klip kecil, 38 senjata tajam, dua botol miras, 72 unit telepon selular, dan satu unit TV LCD.

"Sabu itu didapat dari lemari dari tahanan kasus narkoba berinisial A. Namun, ia tak mengakuinya," kata Mardiaz.

Dalam razia kali ini, petugas BNNP Sumut juga melakukan tes urin terhadap 30 orang yang dipilih secara acak. Hasilnya, 29 orang positif‎ menggunakan narkoba.

"Nggak ada yang dibawa ke Polres, langsung kita minta rutan lakukan pembinaan. Karena penggeledahan ini juga permintaan dari pihak lapas," ujar Mardiaz.

Mardiaz menambahkan, untuk selanjutnya, seluruh barang bukti yang didapat diserahkan kepada pihak rutan, kecuali sabu yang dibawa ke Polresta Medan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement