Kamis 10 Mar 2016 11:59 WIB

Gubernur Dorong Candi Muarojambi Jadi Warisan Dunia

Candi Gumpung Muarojambi
Candi Gumpung Muarojambi

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli mendorong agar Candi Muarojambi bisa menjadi warisan budaya dunia sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi itu di masa mendatang.

"Kita berharap keberadaan Candi Muarojambi sebagai kebanggaan kita ini bisa menjadi salah satu warisan dunia. Kita berharap peluang itu tetap terbuka lebar untuk Candi Muarojambi," katanya di Jambi, Kamis.

Hal tersebut juga disampaikan Zumi Zola dalam pertemuan dengan Tim Lacak Artefak di Provinsi Jambi.

"World heritage untuk Candi Muarojambi itu penting seperti Candi Borobudur sebagai upaya kita meningkatkan kunjungan wisatawan, selain juga perhatian negara-negara luar terhadap peninggalan sejarah itu tinggi sekali," kata gubernur menjelaskan.

"Selama ini kita sekadar tahu ada Candi Muarojambi, tapi tidak ada yang tahu kalau disini banyak cerita di belakang (candi) itu, terutama untuk generasi muda," kata Zumi Zola menambahkan.

Gubernur juga mengatakan, Tim Lacak Artefak dalam jumlah yang besar yang akan menguak sejarah Candi Muarojambi dan sejarah budaya Provinsi Jambi dibantu juga oleh budayawan lokal.

Candi Muarojambi dikatakannya bukan hanya punya cerita. Tapi candi terluas di Asia Tenggara itu ada kaitannya dengan sejarah di Kabupaten Kerinci dan 'geopark' di Merangin (Jambi).

"Saya minta tolong kepada tim ini untuk bantu itu, supaya kebanggaan Jambi ini menjadi kebanggaan Indonesia dan juga dikenal di tingkat internasional," kata Zola.

Kedatangan Tim Lacak Artefak tersebut adalah untuk menggali lebih dalam dan luas lagi sejarah Candi Muarojambi serta sejarah dan budaya di Provinsi Jambi. Seperti peradaban di sepanjang Sungai Batanghari, Geopark Merangin, budaya di Kerinci dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement