Selasa 08 Mar 2016 23:11 WIB

Cak Nun: Rayakan Gerhana Matahari dengan Rasa Syukur

Emha Ainun Najib
Foto: Republika
Emha Ainun Najib

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Budayawan dan seniman religius, Emha Ainun Nadjib mengajak masyarakat Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung memaknai fenomena alam gerhana matahari total (GMT) dengan rasa syukur.

"Rayakan GMT ini dengan rasa syukur karena ini fenomena alam besar dari Allah SWT," kata Emha Ainun saat tampil dalam acara menyongsong GMT di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Selasa (8/3) malam.

Dalam tausiah yang diiringi musik religius, Cak Nun menjelaskan GMT terjadi karena bulan sejajar dengan matahari. "GMT harus dimaknai bahwa ini adalah kekuasaan Allah SWT yang momentumnya hanya beberapa menit saja, tentu harus disyukuri fenomena alam ini," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Cak Nun ini setuju inti dari perwujudan syukur dari GMT tersebut adalah dengan melaksanakan shalat gerhana secara bersama. "Tidak hanya memanfaatkan momentum GMT ini dengan promosi wisata tetapi yang terpenting adalah memanjatkan doa kepada-Nya dan melaksanakan shalat gerhana," ujarnya.

Pantauan lapangan, ribuan masyarakat Bangka Tengah sangat antusias menyaksikan tausiah dari Cak Nun yang diiringi irama musik religius di kawasan Pantai Desa Terentang, Bangka Tengah. Yogi, seorang warga Koba ceramah atau tausiah yang disampaikan Cak Nun benar-benar memberikan pencerahan.

"Cak Nun berdakwah dengan cara yang berbeda dan unik yang memadukan dengan kesenian yang bernafaskan religius," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement