Senin 07 Mar 2016 22:47 WIB

Ribuan Warga Diprediksi Padati Losari Saat Momentum Gerhana

Warga menikmati suasana tenggelamnya matahari (sunset) terakhir tahun 2015 di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (31/12).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Warga menikmati suasana tenggelamnya matahari (sunset) terakhir tahun 2015 di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (31/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Ribuan warga Makassar akan memadati anjungan Pantai Losari untuk menyaksikan langsung proses alam yakni gerhana matahari yang diprediksi terjadi pada Rabu, 9 Maret 2016.

"Saya bersama sejumlah pejabat akan hadir di sana untuk menyaksikan peristiwa yang hanya terjadi dalam sekian tahun itu," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin.

Dalam rapat pemantapan festival gerhana matahari atau festival "Battu Ratema Ri Bulang (Saya sudah datang dari bulan)" yang digelar wali kota itu melibatkan juga pihak dari BMKG wilayah IV, Telkomsel, Telkom, tokoh agama, serta sejumlah pimpinan kerja lingkup kota Makassar.

Ramdhan dalam pertemuan itu juga dipastikan akan hadir dan larut bersama ribuan warga kota Makassar dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dalam acara nanti, sebanyak 10 ribu pelajar, majelis taklim, keluarga besar pemkot Makassar, TNI, kelompok seniman, serta masyarakat umum akan tumpah di losari untuk menyaksikan keindahan langit Makassar pada saat gerhana matahari berlangsung.

"Makassar sangat antusias menyambut momen langka ini. Sepuluh ribu pelajar bersama kelompok masyarakat lainnya akan berkumpul di anjungan losari untuk menyaksikan keindahan langit makassar pada saat proses gerhana berlangsung," katanya.

Menurut dia, gerhana matahari bukanlah momentum dari peristiwa Makassar, Indonesia maupun dunia melainkan adalah momentum semesta karena ada pesan relijius, sains dan budaya.

"Ini bukan cuma momentum makassar, bukan Indonesia dan bahkan dunia, tapi gerhana Matahari adalah momentum semesta. Ada pesan religius, pesan sains dan juga pesan budaya di balik fenomena gerhana matahari, dan Makassar menyambutnya dengan tiga unsur itu," lanjutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement