Rabu 02 Mar 2016 20:38 WIB

Mentawai Masuk Jalur Gempa 9 SR

Red: Ilham
  Gambar peta gempa mentawai
Foto:

Menurutnya, penelitian MEGA-TERA yang dilakukan selama 32 hari ini sangat menarik. Sebab, ia mengatakan, tim peneliti telah berhasil mengambil data seismik beresolusi tinggi dan data paras dasar laut. "Kami telah mencitrakan dasar laut, yang belum pernah dilakukan sebelumnya," katanya.

Menurut Singh, data-data dari analisis ini, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap para peneliti untuk mengetahui penyebab alami tsunami yang dibangkitkan gempa di kawasan itu.

Pada 26 Juni 2015, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengakui adanya potensi gempa besar, namun potensinya sedikit lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian, potensi gempa bumi 8,9 SR di Pulau Mentawai.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, penelitian sejenis termasuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang potensi gempa di Barat Sumatra dan Mentawai sudah banyak dilakukan oleh ahli sebelumnya.

“Memang ada potensi gempa 8,9 SR di Mentawai Megathrust,” katanya, Jumat (26/6).

Untuk antisipasi, selama ini, untuk antisipasi, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pengurangan risiko bencana gempa bumi tsunami. BNPB telah membangun beberapa shelter evakuasi di pantai barat Sumatra Barat (Sumbar).

sumber : Data Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement