Rabu 02 Mar 2016 14:17 WIB

Mentan Amran Sulaiman Baru Pertama Kali ke Prambanan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
Foto: Antara
Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman ternyata baru pertama kali mengunjungi Candi Prambanan yang terletak di Yogyakarta. "Ya, saya baru pertama kali ini datang ke Prambanan dan ternyata saya kagum sekali," kata Amran saat mengunjungi candi itu, di Prambanan, Yogyakarta, Rabu (2/3).

Pria kelahiran Bone 48 tahun silam ini menyempatkan diri berkunjung ke Candi Prambanan setelah berkunjung ke areal persawahan saat panen yang letaknya tak terlalu jauh dari lokasi candi. Mentan yang menggunakan pakaian kegemarannya, baju putih dan celana hitam, tampak begitu semangat mengunjungi Candi Prambanan.

Bahkan dia mengajak rombongan untuk naik ke candi utama yang memiliki tingkat kecuraman tajam. "Ayo kita naik dan masuk ke candi ini. Masak kalian sudah nggak kuat," ucap Arman menantang wartawan.

Di dalam candi, Amran yang sebelum jadi Mentan adalah CEO PT Tiran Group ini, mendapat penjelasan dari seorang pemandu wisata mengenai arti dan makna relief patung dan ukiran-ukiran yang tergambar di batu berwarna putih kehitaman-hitaman. Mentan menyatakan kekagumannya kepada nenek moyang yang pada ribuan tahun lalu sudah mampu membangun candi dengan gaya yang luar biasa.

"Kalau nenek moyang kita sanggup membangun candi sebesar ini seharusnya masyarakat Indonesia mampu swasembada pangan. Bahkan menciptakan pesawat secanggih Sukhoi," tukas menteri yang meraih sarjana S1 hingga S3-nya di Universitas Hasanuddin, Makassar ini. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement