Sabtu 27 Feb 2016 12:39 WIB

Stasiun Geofisika Kupang akan Gelar Nobar Gerhana Matahari

gerhana matahari total (ilustrasi)
Foto: Reuters
gerhana matahari total (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas Stasiun Geofisika Kupang, Ikhsan mengatakan wilayah Nusa Tenggara Timur akan dilewati gerhana matahari sebagian (GMS) pada 9 Maret mendatang.

"Karena akan dilewati gerhanan matahari sebagian, maka publik di daerah ini diimbau untuk tidak menyaksikan kejadian ini sebagai fenomena alam secara langsung pada saat itu karena akan berdampak pada kesehatan mata," katanya di Kupang, Sabtu (27/2).

Menurutnya, untuk mencegah dampak langsung itu, maka publik di daerah yang akan dilewati gerhana matahari sebagian diimbau untuk menggunakan alat teropong yang dilengkapi dengan filter khusus yang layak untuk melindungi mata dari pancaran gerhana matahari sebagian itu.

"Jangan menggunakan kaca mata hitam biasa, film foto atau film biasa atau film rontgen untuk melihat gerhana matahari saat fase gerhana matahari sebagian karena akan merusak mata kita, kecuali fase gerhana matahari total (GMT) apabila melihat langsung tidak berbahaya untuk corona mata," jelasnya.

Saat gerhana matahari total, katanya, masyarakat di daerah yang dilewati bisa melihat ke arah timur pada pagi hari. Ketika matahari terbit gerhana pada fase total, matahari akan tertutup bulan dan matahari akan tampak gelap.

"Di sekitar matahari akan tampak korona yang beraneka warna seperti merah, hijau dan ini menjadi daya tarik. Gerhana matahari total tidak berbahaya sekalipun dilihat tanpa alat bantu," ujarnya.

Ikhsan melanjutkan, pada 9 Maret mendatang ada beberapa kota yang akan dilintasi gerhana matahari sebagian (GMS) yakni Kota Kupang, Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan Ambon. Selain itu, Stasiun Geofisika Kupang juga akan membuka dan menyediakan fasilitas untuk nonton bareng gerhana matahari sebagian untuk warga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement