Kamis 25 Feb 2016 07:29 WIB

Kalijodo Digusur, Sekolah ini Bingung Mau Pindah Kemana

Rep: C18/ Red: Bayu Hermawan
Suasana kawasan Kalijodo tampak sepi, Jakarta, Selasa (23/2).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Suasana kawasan Kalijodo tampak sepi, Jakarta, Selasa (23/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan Kalijodo semakin sepi menyusul rencana penertiban yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sebagian warga telah meninggalkan kawasan tersebut, sementara sebagian lagi telah mengemasi barang-barang mereka dan siap pindah.

Namun hal itu tidak terlihat di fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bangunan dengan luas sekitar 8 x 4 meter ini masih dipenuhi peralatan dan perlengkapan anak bersekolah. Peralatan itu sudah rapi dikemas dalam box-box atau kardus.

Yulianty, kepala sekolah sekaligus guru sekolah itu mengaku masih bingung kemana harus memindahkan barang-barang dari PAUD yang telah delapam tahun berdiri di Kalijodo itu.

Ia mengaku belum mendapatkan kepastian relokasi PAUD yang dia kelola dari pemerintah kota atau dinas pendidikan.

"Saya harus nyari sendiri lokasinya. Pemerintah seperti angkat tangan," kata wanita berusia 44 tahun itu kepada Republika.co.id.

Bukan tidak mau mencari lokasi baru untuk menampung 30 siswa yang terdaftar bersekolah disana. Hanya saja, waktu yang disediakan pemerintah untuk mencari lokasi baru sekolah itu terbilang sempit.

Yuli mengatakan, tidak ada pemberitahuan dari Pemprov DKI kalau PAUD miliknya masuk dalam rencana gusuran. Ia melanjutkan, tiba-tiba pemerintah memberikan Surat Peringatan Pertama kepadanya yang berisi perintah pengosongan sekolah yang berlokasi di Jalan Kepanduan II RT 4/RW 5 no 20, Penjagalan, Penjaringan Jakarta Utara.

"Sulit dalam waktu singkat untuk mencari lokasi baru. Sebenarnya saya sudah usulkan di RW3 atau RW 4 karena belum ada sekolah disana, tapi pemeritah bilang saya harus ngurus semuanya sendiri," jelasnya.

Meski biaya relokasi atau pembangunan gedung PAUD baru di tanggung pemerintah, Yuli tetap kesulitan untuk mencari lokasi tepat sekolah yang dia kelola itu. Ini mengingat siswa yang bersekolah di PAUD itu adalah warga yang memang tinggal di sekitar kawasan Kalijodo.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement