Kamis 18 Feb 2016 16:24 WIB

Pasukan Pemberontak Menyeberang dari Turki ke Suriah

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Pasukan pemberontak di Suriah dan Turki (ilustrasi)
Foto: AP
Pasukan pemberontak di Suriah dan Turki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AZAZ -- Syrian Observatory for Human Rights melaporkan, 500 orang pemberontak dan pasukan militan menyeberangi perbatasan Turki menuju kota Suriah Azaz, di Aleppo. Di lokasi tersebut pasukan anti-pemerintah baru saja mengalami kekalahan.

"Setidaknya 500 pemberontak telah menyeberangi perbatasan Bab al-Salam dalam perjalanan mereka ke kota Azaz, di mana mereka ingin membantu para pemberontak dalam menghadapi kekalahan dari pasukan Kurdi," kata Kepala Observatory Rami Abdel, seperti dilansir The Guardian, Kamis (18/2).

Sebelumnya, hampir 350 pemberontak juga dilaporkan telah melewati perbatasan Atme pada 14 Februari. Mereka juga dilengkapi persenjataan berat dan ringan.

Para pemberontak sekarang hanya menguasai kota Azaz yang terletak tak jauh dari perbatasan Turki dan ke selatan Marea. Mereka dikelilingi oleh pasukan Kurdi di Barat dan tentara Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di timur.

Sekjen PBB Ban Ki-moon memperingatkan pada Rabu (17/2), meningkatnya aktivitas militer di Suriah akan mengancam pembicaraan damai Suriah demi menemukan solusi politik lima tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement