Kamis 18 Feb 2016 09:15 WIB

10 Jembatan Gantung Telah Dibangun di Banten

Rep: Sonia Fitri/ Red: Bilal Ramadhan
Anak-anak sekolah di Lebak, Banten, meniti jembatan yang rusak yang sangat berbahaya untuk menuju ke sekolah.
Foto: earthporm.com
Anak-anak sekolah di Lebak, Banten, meniti jembatan yang rusak yang sangat berbahaya untuk menuju ke sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) merampungkan pembangunan 10 jembatan gantung di Lebak, Banten.

Jembatan-jembatan tersebut lantas diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani didampingi Menpupera Basuki Hadimuljono, Rabu (17/2).

"Pembangunan jembatan ini adalah inisiatif pemerintah pusat, agar akses masyarakat dan anak-anak sekolah lebih mudah," kata Puan dalam acara peresmian di Jembatan Kolelet, Desa Kolelet Wetan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sebagaimana dikutip dalam rilis.

Jembatan dikhususkan bagi pejalan kaki sedangkan untuk kendaraan dibatasi hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Terbangunnya infrastruktur tersebut diharapkan dapat ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperlancar arus ekonomi setempat.

Menteri Puan menyebut, tidak semua pembangunan di daerah dibebankan ke pemerintah pusat. Menurutnya, pemerintah Kabupaten dan Kota juga perlu proaktif dalam membangun daerahnya. “Pemda sendiri yang mengetahui apa yang dibutuhkan di daerah, lalu program-program disinergikan," kata Puan.

Menteri Basuki berpesan agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara jembatan yang sudah ada agar dapat berfungsi dengan baik. Ia menambahkan jembatan gantung tersebut tidak semuanya dibangun menggantikan jembatan lama namun ada juga yang yang dibangun di daerah yang belum ada jembatannya.

Pembangunan 10 jembatan tersebut didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemenpupera tahun anggaran 2015 sebesar Rp 45,6 miliar.

Sebagai informasi, Jembatan Gantung Kolelet memiliki panjang 132 meter dengan lebar 1,7 meter, dengan konstruksi bangunan atas terbuat dari baja dan konstruksi bangunan bawah berupa beton. Jembatan gantung Kolelet menghubungkan Desa Kolelet dengan Desa Kembang.

Sementara sembilan jembatan gantung lainnya adalah Ranca Wiru di Desa Sukamekarsari, Leuwi Loa di Desa Sudamanik, Cisimeut di Desa Sanghyang, Cigeulis di Desa Cigeulis, Cidikit di Desa Pamubulan, Cicariu di Desa Cicariu, Bojong Apus di Desa Bojong Apus, Cihambali di Desa Lebak Binong, dan Cidadap di Desa Ciuyah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement