Rabu 17 Feb 2016 21:25 WIB

Wisata Pangandaran Ditargetkan Mendunia

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
  Sejumlah wisatawan memadati bibir pantai objek Wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Sejumlah wisatawan memadati bibir pantai objek Wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kabupaten Pangandaran, sebagai kabupaten baru akhirnya memiliki kepala daerah. Menurut Bupati Pangandaran periode 2016-2021, ‪Jeje Wiradinata, usai dilantik, Ia tentunya ingin membawa Pangandaran sesuai dengan potensi yang dimiliki.  Yakni, sebagai kabupaten pariwisata.

"Kedua, visi dan misi saya secara makro ingin bawa Pangandaran sebagai wisata dunia," ujar Jeje kepada wartawan, Rabu (17/2).

Jeje mengatakan, ada empat langkah yang akan dilakukannya. Yakni, penataan kawasan, perluasan kawasan, membangun kultur dan kesadaran, dan promosi.

Selain itu, kata dia, tentu ada bidang lain yang akan Ia garap. Yakni, masalah pertanian, perikanan dan kehutanannya.

Sebagai Bupati perdana, tentunya Ia akan memiliki tantangan. Yakni, bagaimana mengelola potensi besar Pangandaran ini. Tentu, yang pertama akan dilakukan usai pelantikan ini adalah melakukan konsolidasi internal aparat.

Kedua, kata dia, menyamakan persepsi pembangunan Pangandaran lima tahun kedepan dan mengeksekusinya. Namun, yang paling dan harus disegerakan yaitu penataan wisata, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi masyarakatnya, serta pendidikan.

Terkait tuntutan gubernur untuk bisa menjadi daerah dengan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP), kata dia, Ia yakin bisa tercapai walaupun tidak semudah daerah lain.  "Karena kami wilayah baru dengan pejabat baru dan perangkat baru juga. Tapi kami siap lari kencang," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement