Jumat 12 Feb 2016 00:14 WIB

'Desak KPK Tangkap Ahok' Jadi Trending Topic Twitter

#Desakkpktangkapahok
Foto: Twitter
#Desakkpktangkapahok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Netizen di jagad Twitter malam ini heboh bercuit tentang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka meramaikan #DesakKPKTangkapAhok sehingga menjadi trending topic di Twitter. 

Hashtag tersebut bermula dari pemberitaan sebuah portal berita yang memberitakan aksi demonstrasi di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta dengan judul 'Desak KPK Tangkap dan Penjarakan Ahok'. Aksi unjuk rasa tersebut memang meminta kepada KPK untuk mengusut kasus pembebasan lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

(Baca: KPK akan Panggil Ahok Terkait Lahan RS Sumber Waras).

Kasus ini mulai mendapat sorotan publik saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil audit investigasi pembelian lahan RS Sumber Waras kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). BPK menemukan enam penyimpangan dalam proses pembelian lahan oleh Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta itu. 

(Baca: BPK Serahkan Audit RS Sumber Waras ke KPK).

Kasus tersebut dilatar belakangi dari pembelian lahan milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) seluas 3,7 hektare oleh Pemprov DKI Jakarta seharga Rp 800 miliar. Pembelian dilakukan dengan menggunakan dana APBD Perubahan 2014. 

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) 2014 yang dikeluarkan BPK menunjukkan indikasi kerugian daerah Rp 191 miliar dalam pembelian itu. BPK juga merekomendasikan pemprov menagih tunggakan pajak bumi dan bangunan YKSW tahun 1994-2014  sebesar Rp 3 miliar. 

Dugaan penyimpangan terjadi mulai dari perencanaan, penganggaran, pembentukan tim, dan pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras. Penyimpangan juga muncul dalam penentuan harga serta penyerahan hasil pembelian. 

Akun twitter @cubby_ghum yang turut meramaikan hashtag tersebut mengungkapkan "Dah banyak bukti korupsi yang merugikan uang negara. Yang lebih penting dengan #DesakKPKTangkapAhok kita selamatkan ekosistem di Teluk Jakarta."

Akun Twitter lain @Bg_MarOne mempunyai suara senada. "Harusnya dengan bukti-bukti ini Ahok sudah ditangkap kecuali @KPK_RI sudah masuk angin #DesakKPKTangkapAhok.

 (Baca juga: Ahok Lapor Menkopolhukam Soal RS Sumber Waras).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement