Jumat 05 Feb 2016 18:36 WIB

Menkominfo Klaim Miliki Senjata Ampuh Sejahterakan Nelayan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Nelayan
Foto: JAK TV
Nelayan

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengklaim telah mempunyai senjata ampuh untuk meningkatkan penghasilan nelayan yang bisa meningkatkan kesejahteraan. Senjata ampuh tersebut berupa aplikasi yang dikhususkan untuk para nelayan yang memiliki kapal kecil.

"Aplikasi yang dirancang ini untuk para nelayan yang memang kapalnya kecil yang mungkin cuma muat seorang atau dua orang," kata Rudi dalam diskusi kemaritiman di Surabaya, Jumat (5/2).

Rudi melanjutkan, nantinya para nelayan akan dibeei ponsel yang telah dilengkapi dengan beberapa aplikasi. Aplikasi pertama berfungsi untuk mengetahui cuaca. "Sehingga nelayan tidak perlu menerka-nerka dan hanya cukup dengan menengadah ke langit," ucap Rudi.

Aplikasi kedua berfungsi untuk mencari tahu di mana terdapat banyak plankton. Sebab, menurutnya ikan beekumpul di tempat yang banyak planktonnya. "Dapatlah ikan Tangkapannya lebih banyak," kata Rudi.

Aplikasi selanjutnya, berfungsi untuk mengetahui harga ikan di pasaran. Sehingga, sebelum pulang ke rumah, para nelayan tersebut sudah mengetahui berapa harga ikan dan bisa memprediksikan penghasilan mereka.

Rudi menambahkan, untuk mengetahui letak darata, ponsel tersebut juga akan dilengkapi dengan GPS. "Ini tak lain karena biasanya setiap tahun masih sering ada nelayan yang hilang karena tak tahu di mana daratan," kata Rudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement