Rabu 03 Feb 2016 07:11 WIB

Jangan Dulu Panik Virus Zika, Ini Alasannya

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah poster kampanye tentang virus Zika gejala di ruang bersalin rumah sakit di Guatemala City, Guatemala.
Foto: Reuters / Josue Decavele
Sebuah poster kampanye tentang virus Zika gejala di ruang bersalin rumah sakit di Guatemala City, Guatemala.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Dalam beberapa waktu terakhir dunia diresahkan dengan adanya penyebaran virus zika di Amerika Latin. Serangan virus ini dilaporkan dapat menimbulkan kecacatan otak (mikrosefalus) pada janin apabila menginfeksi ibu hamil.

Di Indonesia sendiri, Viruz Zika telah ditemukan pada 2015 lalu. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman pertama kali menemukan viruz zika di Jambi. Dari 103 sampel darah pasien ditemukan satu sampel yang positif terinfeksi virus zika.

Namun begitu, Ketua Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UGM, dr. Tri Wibawa mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir terhadap virus zika. Sebab virus yang menyerang masyarakat Amerika Latin ini belum teridentifikasi secara jelas di Indonesia.

Satu Jenis Nyamuk Aedes, Kok Bisa Bawa 3 Jenis Virus yang Beda?

“Perlu dikaji dulu apakah virus zika yang ada di Indonesia sama atau tidak dengan virus yang ada di Amerika Latin," kata Tri, kemarin.

Selain itu, perlu konfirmasi lebih lanjut apakah kejadian mikrosefalus di Kolombia memang disebabkan oleh virus zika. Menurutnya, sementara ini serangan penyakit yang berbahaya di Indonesia adalah demam berdarah.

Ia mengemukakan, virus zika yang ditemukan di Indonesia bisa saja berbeda dengan apa yang terdapat di Amerika Latin. Karenanya masyarakat tidak perlu khawatir terhadap virus ini. Selain itu, manifestasi klinis akibat serangan virus zika pun tidak separah demam berdarah yang bisa mengakibatkan kematian.

“Berdasarkan laporan terdahulu, serangan virus ini tidak menyebabkan kematian," kata Tri.

Gejalanya ditandai dengan demam, sakit kepala, nyeri persendian, terkadang disertai dengan muncul ruam-ruam merah dan peradangan pada mata. Di sisi lain, Tri Wibawa juga menghimbau agar masyarakat tetap mewaspadai keberadaan virus ini. Pasalnya Indonesia merupakan negara yang berpotensi terhadap serangan virus zika. Sebab virus tersebut dibawa nyamuk Aides aegypti yang banyak berkembang di wilayah tropis, seperti Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement