Ahad 31 Jan 2016 12:52 WIB

Ribuan Penyu Mendarat di Pantai Sukamade

Red: Ilham
Ratusan anak penyu berjalan menuju pantai. (ilustrasi)
Foto: Republika/Nur Aini
Ratusan anak penyu berjalan menuju pantai. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Ribuan ekor penyu mendarat di Pantai Sukamade, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini menjadi salah satu habitat bertelurnya penyu yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

"Selama 2015 tercatat penyu yang mendarat baik yang bertelur maupun memeti (mendarat untuk bertelur, tapi tidak jadi bertelur) sebanyak 1.557 ekor," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Pranoto Puroso, Ahad (31/1). Dari sejumlah itu, hanya sebanyak 806 ekor penyu yang bertelur.

Menurut Pranoto, empat jenis penyu mendarat dan bertelur di Pantai Sukamade adalah penyu hijau (Chelonia mydas), penyu slengkrah (Lepdochelys olivaceae), penyu sisik (Eretmochlys imbricata), dan penyu belimbing (Dermochleys coriaceae).

"Ribuan penyu yang mendarat di Pantai Sukamade yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran itu karena pasirnya yang lembut dan putih. Selain itu, gangngang laut untuk makanan penyu berlimpah. "Sebagian besar, penyu yang mendarat dan bertelur adalah jenis penyu hijau, sedangkan penyu belimbing tidak ditemukan di pantai tersebut selama 2015," katanya.

Pantai Sukamade merupakan habitat penyu yang paling baik dibandingkan pantai lain di sejumlah perairan di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur di sana, bahkan setiap hari terlihat penyu mendarat di pantai yang berada di Kecamatan Pesanggaran itu.

Panjang Pantai Sukamade mencapai 3 kilometer, namun hamparan pasir yang biasa digunakan penyu bertelur hanya sekitar 700 meter dan sisanya jarang digunakan untuk bertelur. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement