Rabu 27 Jan 2016 22:46 WIB

232 Eks Gafatar Tiba di Pelabuhan Makassar

  Petugas membantu warga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang baru turun dari KRI Banten saat tiba di Pelabuhan Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/1) (Republika/Yasin Habibi).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Petugas membantu warga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang baru turun dari KRI Banten saat tiba di Pelabuhan Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/1) (Republika/Yasin Habibi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 232 orang eksGafatar akhirnya tiba di Pelabuhan Makassar (Sukarno Hatta) sekitar pukul 19.30 WITA dengan perjalanan laut menggunakan KM Bukit Siguntang dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan pada Senin (25/1).

"Ini yang terbanyak dari Kampung Karjaya, Kecamatan Samboja, Kutai Karta Negara, Kaltim jumlahnya 232 orang asal Sulsel," kata Asisten III Bidang Kesra Pemprov Kalimantan Timur Berre Ali di pelabuhan setempat, Rabu (27/1) malam.

Ia juga menyebutkan masih ada sisa eks Gafatar di Kaltim tepatnya di Samarinda sebanyak 49 orang. Kemudian ada beberapa yang belum teridentifikasi seperti di Tenggarong, Berau, Kutai Kartanegara, Kaltim.

"Total eksGafatar asal Sulsel ada 574 orang, dan ini baru gelombang pertama, selanjutnya akan di pulangkan kembali di daerah asalnya," sebut dia.

Menurut dia, perjalan pemulangan ke Makassar, Sulawesi Selatan berjalan kondusif dan tidak ada kendala yang berarti selama perjalanan laut.

"Semua berjalan lancar dan aman sampai seluruh eks Gafatar ini tiba di Makassar. Memang sebelumnya kapal ini transit di Pelabuhan Pare-Pare, Sulsel," tambahnya.

Sementara perwakilan Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Kepala Dinas Sosial Andi Gazaling, mengatakan Pemprov Sulsel berterima kasih atas bantuan Pemprov Kaltim yang mengantarkan warganya kembali ke Sulsel.

"Setelah penerimaan ini seluruh eks Gafatar akan ditampung di Asrama Haji Sudiang untuk dilakukan pendataan serta pembinaan," paparnya. Selain itu pihaknya akan melakukan "assesment" terhadap seluruh eksGafatar yang tiba hari ini di Pelabuhan Makassar.

"Kita lakukan assesment dulu, setelah pendataan selanjutnya akan berikan pembinaan dan dipulangkan ke daerah masing-masing," tambahnya.

Diketahui jumlah eks Gafatar yang menumpangi KM Bukit Siguntang berjumlah 232 orang terdiri dari laki-laki 137 orang dan perempuan 95 orang dengan jumlah 66 Kepala Keluarga.

Mereka diketahui berasal dari 9 daerah yakni, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Takalar, Gowa, Pinrang. Sinjai, Bantaeng, dan Luwu Utara.

Pengawalan dan pendamping dari Kaltim sebanyak 48 orang terdiri dari 10 anggota Polri, 10 anggota TNI dan lainnya sebagai pendamping dari instansi pemerintah Kaltim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement