Selasa 26 Jan 2016 22:52 WIB

Revitalisasi Pelabuhan Dongkrak Perekonomian Cirebon

Buruh angkut memanggul tepung ke sebuah truk saat bongkar muat tepung sagu di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/4).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Buruh angkut memanggul tepung ke sebuah truk saat bongkar muat tepung sagu di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/4).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Revitalisasi Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, berpotensi meningkatkan perekonomian di sekitar wilayah Cirebon, karena pelabuhan merupakan akses yang vital terutama untuk arus barang. "Revitalisasi Pelabuhan pasti akan meningkatkan perekonomian di wilayah Cirebon," kata Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Rawindra Ardiansah di Cirebon, Selasa Malam.

Menurut dia, revitalisasi Pelabuhan, akan memudahkan arus barang ke Cirebon dan itu akan meningkatkan perekonomian di sekitar wilayah tersebut. Seperti halnya peredaran barang, ketersediaan barang dan juga harga barang akan berpengaruh dengan adanya revitalisasi pelabuhan dan revitalisasi Pelabuhan itu juga akan membuat ongkos angkut barang semakin murah.

"Kami rasa revitalisasi Pelabuhan akan sangat berpengaruh terutama untuk inflasi, karena harga barang akan semakin murah dengan ongkos kirim melalui Pelabuhan yang juga murah," ujarnya.

Ia menambahkan, jika ada Kota yang ada Pelabuhannya pasti Kota tersebut akan maju dan pihaknya optimis bahwa revitalisasi Pelabuhan Cirebon akan memberi dampak yang positif bagi pertumbuhan perekonomian di wilayah Cirebon.

Menurut dia, untuk kota yang pengelolaan Pelabuhannya bagus perekonomiannya juga pasti maju dan pihaknya sangat yakin Cirebon akan lebih maju.

"Lihat saja Singapura negara itu maju karena pengelolaan Pelabuhannya bagus dan kami yakin Cirebon juga bisa," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement