Jumat 22 Jan 2016 10:32 WIB

Bandara Hang Nadim Batam Tambah 40 CCTV

Suasana Bandara Hang Nadim, Batam.
Foto: Republika/Prayogi
Suasana Bandara Hang Nadim, Batam.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam memasang 40 kamera pengintai (CCTv) tambahan untuk memastikan semua kegiatan tidak luput dari pengawasan petugas. "Sebelumnya sudah terpasang 70 CCTV, baru-baru ini ditambah 40 unit. Jadi total sekitar 110 unit CCTv sudah terpasang di Hang Nadim," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Jumat (22/1). 

Ia mengatakan, kamera tambahan tersebut difokuskan pada area dalam terminal dan area sekitar apron bandara. Tujuannya untuk menghindari kasus-kasus pencurian bagasi penumpang. "Sekarang semua sudah terpantau oleh CCTv. Sehingga keamanan penumpang dan pengunjung bandara lain akan lebih terjamin," kata dia.

Dengan penambahan CCTv tersebut Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam berharap akan mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna transportasi udara di Batam. "Baru-baru ini Dirjen Perhubungan Udara juga mengintruksikan peningkatan pengamanan di Hang Nadim Batam untuk antisipasi berbagai hal. Jadi level pengamanannya memang meningkat," kata Suwarso.

(Baca Juga: Perhiasan di Bagasi Hilang, Tujuh Porter Lion Air Digelandang ke Polisi).

Hang Nadim, dia mengatakan, juga mendapatkan tambahan dua motor dan satu mobil patroli baru. Sebelumnya saat marak terjadi pencurian bagasi pada sejumlah bandara lain, Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam, menekankan seluruh maskapai penerbangan di sana agar mengantisipasi kasus-kasus pencurian barang milik penumpang. Tentunya agar kasus serupa tidak terjadi di Batam.

"Kami sudah memanggil seluruh perwakilan maskapai yang ada di Batam. Kami mewajibkan setiap petugas bagasi yang akan bertugas untuk diperiksa terlebih dahulu, usai bertugas juga diperiksa kembali. Petugas pengamanan setiap aktifitas bongkar muat bagasi juga ditambah dari satu menjadi dua orang," kata dia.

Belum lama ini terbongkar komplotan pencuri barang-barang di dalam bagasi pemakai jasa penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ada empat porter yang menjadi pelaku, yang mengaku dibantu "orang dalam" maskapai penerbangan besar nasional untuk beraksi.

Saat ini maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Wings Air, Malindo Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Nam Air, dan TransNusa, Susi Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement