Kamis 21 Jan 2016 17:59 WIB

Jokowi: Transportasi Massal Solusi Atasi Kemacetan di Kota Besar

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bayu Hermawan
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menginginkan transportasi massal seperti kereta api menjadi solusi kemacetan di kota-kota besar.

Hal itu disampaikan Presiden dalam acara grounbdreaking proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Kecamatan Cikalong Wetan, Bandung Barat, Kamis (21/1).

"Tidak hanya Jakarta, Surabaya dan Bandung, kota-kota yang lain sudah mulai macet. Oleh sebab itu jawabannya adalah transportasi massal," katanya.

Presiden menyebut, saat ini kemacetan yang didominasi kendaraan pribadi sudah mulai terasa di luar Jawa, seperti di Palembang, Sumatra Selatan. Karenanya, sejak tahun lalu, pemerintah sudah memulai pembangunan kereta ringan, Light Rail Transit (LRT), di kota tersebut.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang telah dimulai hari ini juga akan diintegrasikan dengan LRT untuk menuju Kota Bandung.

Dengan demikian, sambung Jokowi, semua transportasi massal berbasis rel akan tersambung mulai dari dari MRT yang berada di tengah Jakarta, LRT yang menghubungkan DKI dengan kota-kota sekitarnya, sampai kereta cepat dan LRT di Bandung.

Presiden meyakini, kehadiran kereta cepat Jakarta-Bandung akan jadi pemicu berkembangnya model transportasi massal berbasis rel di daerah-daerah lainnya.

"Saya yakin dari daerah akan banyak yang meminta. 'Pak mestinya Jakarta-Surabaya juga ada kereta cepat,'" ucap Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement