Kamis 21 Jan 2016 05:41 WIB

Thailand Belajar Soal Kota Kreatif ke Pekalongan

Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menetapkan alat membatik, canting, sebagai aksesori khas daerah setempat
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menetapkan alat membatik, canting, sebagai aksesori khas daerah setempat

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, menyatakan kesiapan untuk mempertahankan predikat sebagai 'Kota Kreatif Dunia' melalui pengembangan potensi budaya dan wisata andalan daerah setempat. Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa sebagai penyandang Jejaring Kota Kreatif Dunia, pemkot akan mengoptimalkan pengembangan potensi budaya dan wisata andalan yang dimiliknya.

"Sebagai penyandang Kota Kreatif Dunia, kami akan memaksimalkan potensi yang dimiliki karena hal ini akan membuka peluang pasar wisata, mengenalkan produk kerajinan, dan promosi," katanya.

Sebagai penyandang Kota Kreatif Dunia, pemkot akan mendapatkan kunjungan dari Pemerintah Thailand untuk belajar seputar 'Jejaring Kota Kreatif'. Belum lama ini, Pekalongan mendapat undangan dari Pemerintah Thailand untuk memaparkan masalah tentang 'Jejaring Kota Kreatif'. Bahkan, Thailand juga berkeinginan untuk berkunjung ke Pekalongan untuk mengetahui persis tentang masalah ini.

Untuk kesiapan terhadap kunjungan utusan Pemerintah Thailand, pemkot juga akan menata kawasan "Budaya Jetayu" menjadi "Citywalk" dan Museum Batik. "Sebagai kawasan 'Budaya Jetayu', nantinya lokasi itu hanya digunakan untuk pejalan kaki dan tidak boleh dilalui oleh kendaraan besar seperti bus. Adapun, untuk kendaraan besar akan kami sediakan kantong parkir di Jalan Patiunus," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement