Senin 18 Jan 2016 17:19 WIB

Adik Panji Kenang Kakaknya Sosok Bertanggung Jawab

Rep: Fuji EP/ Red: Indira Rezkisari
Foto almarhum Panji Hilmansyah, putra Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, terpajang di rumah duka Jalan Merdeka, Pangandaran, Jawa Barat, Senin (18/1).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Foto almarhum Panji Hilmansyah, putra Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, terpajang di rumah duka Jalan Merdeka, Pangandaran, Jawa Barat, Senin (18/1).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Panji Hilmansyah (31 tahun) putra Menteri Kelautan dan Perikanan meninggal di Naples, Florida, Amerika Serikat. Panji di mata adik kandungnya merupakan sosok kakak yang baik dan bijaksana.

Adik kandung almarhum, Bobby Arya (24) mengatakan, Panji merupakan sosok kakak yang bertanggungjawab terhadap hal apa pun terutama kepada adik-adiknya. Ia juga bijaksana dan selalu memberikan nasihat kepada adik-adiknya. Almarhum selalu peduli terhadap hal sekecil apa pun dan kerap memberikan nasihat yang baik.

"Kakak kerap menunjukan moral dan nasihat yang baik itu yang saya rasakan," kata Bobby kepada Republika.co.id di rumah duka di Jalan Merdeka, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Senin (18/1).

Sementara, hingga Senin (18/1) siang rumah duka baru dikunjungi beberapa keluarga terdekat almarhum saja. Pihak keluarga dan kerabat pun sedang mempersiapkan rumah duka untuk menyambut kedatangan jenazah almarhum. Sepengetahuan adiknya, almarhum akan datang di kampung halamannya di Pangandaran pada Selasa (19/1) malam.

Masa kecil Panji di Pangandaran, ia kerap bermain di Pantai Pangandaran. Menurut adiknya, almarhum sering bermain di pantai timur dan pantai barat Pangandaran. Panji kemudian meninggalkan Pangandaran untuk melanjutkan sekolah di Singapura. Hingga di usia 28, ia berangkat ke Florida untuk belajar di sekolah penerbangan.

Kendati sudah tiga tahun lamanya di Florida, Bobby mengaku kerap berkomunikasi dengan kakaknya melalui media sosial. Melalui media sosial Panji kerap memberi nasihat kepada adiknya. Bobby tidak menyangka kakaknya meninggal dunia di usia ke-31. Sebab tidak ada tanda-tanda apa pun yang dirasakannya.

(baca: Panji Selalu Ingat Pesan Menteri Susi untuk Kerja Keras)

"Saya baru mendengar kabar duka sebelum Subuh sekitar pukul empat pagi," kata Bobby.

Terkait penyebab kematian Panji, Bobby mengaku belum tahu karena kakaknya masih diotopsi. Kenangan terakhir Bobby bersama Panji saat pergi ke kampung halaman ayah kandungnya di Banyumas, Jawa Tengah.

"Waktu itu saat sebelum lebaran tahun lalu kami bersama ke kampung halaman ayah di Banyumas," ujar Bobby.

Bobby tidak menyangka, perjalanan ke Banyumas merupakan perjalan terakhirnya bersama sang kakak. Bobby pun tidak lama-lama bersama kakaknya karena kakaknya berangkat kembali ke Florida untuk melanjutkan sekolah penerbangan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement