Senin 18 Jan 2016 14:34 WIB

Mantan Suami Menteri Susi Sebut Panji Kesayangan Kakek Neneknya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama anak-anaknya. Panji Hilmansyah (paling kanan), putera tertua Susi Pudjiastuti, meninggal dunia di Florida, Amerika Serikat, pada Senin (18/1) dinihari WIB.
Foto: Facebook
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama anak-anaknya. Panji Hilmansyah (paling kanan), putera tertua Susi Pudjiastuti, meninggal dunia di Florida, Amerika Serikat, pada Senin (18/1) dinihari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam buku "Untold Story: Susi Pudjiastuti", terdapat segmen yang ditulis oleh ayah Panji Hilmansyah, atau suami pertama Susi Pudjiastuti, yaitu Yoyok Yudisuaryo.

Dalam segmen tersebut, Yoyok menuliskan bahwa meski telah bercerai, tetapi dirinya dan Susi tetap saling berkomunikasi dan juga bersepakat tetap mendidik Hilman (panggilan kesayangan Panji Hilmansyah) secara bersama-sama.

"Setelah bercerai, hubungan kami lebih seperti abang-adik. Hal ini mungkin membuat banyak orang kaget. Orang-orang di tempat lelang kadang merasa heran, kami kok bukan kayak mantan suami," kisah Yoyok yang juga pengusaha perikanan, sama seperti Susi.

Sedangkan mengenai Hilman, Yoyok menuliskan bahwa Hilman adalah cucu kesayangan kakek-neneknya sehingga setelah bercerai, Yoyok tak keberatan dan menyerahkan pengasuhan Hilman kepada Susi dan keluarganya.

Panji Hilmansyah dalam segmen tulisannya juga pernah mengatakan bahwa ada masa di mana hubungan anak-ibu itu tidak harmonis dan dirinya sempat memberontak karena menjadi "broken home child".

"Gaya hidup ugal-ugalan, tidak mau sekolah. Semua itu adalah aksi yang saya tunjukkan sebagai bentuk protes terhadap sikap Ibu yang keras," tutur Panji Hilmansyah.

Namun, lambat-laun hubungannya dengan sang ibu, Susi Pudjiastuti mulai membaik, dan Panji akhirnya dapat mengerti alasan ibu bercerai.

Setelah komunikasi membaik, Panji juga diajak untuk membesarkan maskapai Susi Air, sebagaimana telah dituliskan di awal tulisan. Dalam buku "Untold Story: Susi Pudjiastuti", Panji juga menyatakan bahwa ibunya kini tidak lagi sebagai bos di perusahaan Susi Air, tetapi pikiran, tenaga, dan kebijakannya akan memengaruhi kehidupan masyarakat.

Selain Susi yang juga memiliki harapan, Panji juga menuliskan harapannya dalam buku tersebut, yaitu semoga pengangkatan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan "bermanfaat dan menjadi awal baru yang lebih baik".

Selamat jalan Panji Hilmansyah.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement