Senin 18 Jan 2016 14:22 WIB

Panji Selalu Ingat Pesan Menteri Susi untuk Kerja Keras

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah mengutarakan harapannya agar anak sulungnya, Panji Hilmansyah, dapat mengurus sekolah penerbangan di maskapai yang dirintis oleh Susi, yaitu Susi Air.

Hal tersebut terungkap dalam buku "Untold Story: Susi Pudjiastuti", yang diterbitkan oleh penerbit Buku Kompas pada tahun 2015, setelah Susi Pudjiastuti dipercaya sebagai salah satu menteri dalam Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Dalam buku tersebut yang berisi pengakuan banyak orang tentang kiprah Susi Pudjiastuti, juga ada segmen yang ditulis oleh sang putra sulungnya, Panji Hilmansyah. Panji dalam buku itu menulis bahwa ibunya, yang dipanggilnya dengan sebutan "mom", memiliki harapan agar "saya nantinya yang akan mengurus Flying School Susi Air".

Selain itu, Panji mengisahkan sebelumnya Susi awalnya telah menempanya menjadi mekanik dan tim perintis di Susi Air.

"Saya menjadi karyawan beliau di Susi Air. Saya mulai bekerja menjadi mekanik, kemudian menjadi anggota tim perintis untuk membuka area penerbangan dari Medan, Kalimantan, Papua," tulis Panji.

Menurut Panji, melalui pengalaman menjadi perintis Susi Air, dirinya semakin menyadari bahwa ibunya, Susi Pudjiastuti, harus berperan dengan penuh kegigihan supaya bisnis berjalan dan berkembang.

Dalam buku tersebut, Panji juga mengingat nasihat yang selalu ditanamkan Susi kepada dirinya, yaitu "tidak ada sesuatu yang bisa didapatkan tanpa usaha keras".

Panji mengaku bahwa Susi memperlakukan dirinya sama seperti karyawan lainnya, begitu juga dengan tingkat gaji yang disamakan dengan karyawan lainnya. Setelah menjadi mekanik dan tim perintis di Susi Air, Panji diarahkan untuk mengambil lisensi pilot komersial sehingga Panji mengambil sekolah pilot di Amerika.

"Saat saya meminta izin untuk bekerja dengan orang lain dahulu, Ibu meminta saya melanjutkan pendidikan instruktur penerbangan," tutur Panji.

Namun, harapan yang pernah diucapkan Susi tampaknya pupus karena Panji yang berusia 31 tahun itu ditemukan meninggal dunia di kota Naples, Florida, AS, Senin pagi (18/1).

Rencananya, jenazah Panji Hilmansyah, setelah diterbangkan dari Amerika Serikat, bakal dimakamkan di Pangandaran, Jawa Barat, tempat asal almarhum.

"Pemakaman akan dilakukan di Jalan Merdeka 312 Pananjung Pangandaran, setibanya jenazah di Indonesia," kata Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Lilly Aprilya Pregiwati.

Berdasarkan pernyataan dari keluarga, almarhum Hilman berada di AS karena sedang melakukan sekolah instruktur pilot di negara bagian Florida. Hilman yang merupakan anak tertua dari Susi Pudjiastuti (kedua adiknya adalah Nadine Kaiser dan Alvi Xavier) meninggalkan satu orang putra yang bernama Armand (10 tahun).

(baca: Putra Menteri Susi Dikabarkan Meninggal Saat Tidur)

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement