Kamis 14 Jan 2016 18:04 WIB

Tito: Pelaku Teror Sarinah Kelompok ISIS Pimpinan Bahrun Nain

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, saat ini petugas tengah melakukan pengejaran terhadap jaringan pelaku serangan teror di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Tim sedang mengejar jaringan pelaku, yang masih ada hubungannya dengan jaringan ISIS," ujarnya di Istana Negara, Kamis (14/1).

Tito menjelaskan, kelompok pelaku teror di Sarinah merupakan sel kelompok ISIS di Asia Tenggara yang dipimpin oleh Bahrun Nain. Jaringan ISIS di Indonesia dibentuk berdasarkan perintah dari pimpinan kelompok ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

"Jadi, jaringan pelaku masih berhubungan dengan jaringan ISIS di Raqqa (Suriah), dulu strateginya hanya beroperasi di Suriah dan Irak, kemudian ada perintah dari Abu Bakar Baghdadi untuk membentuk cabang-cabang di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara. Untuk Asia Tenggara, sel-selnya salah satunya ada di Indonesia," katanya menjelaskan.

"Di Asia Tenggara, Bahrun Nain ingin mendirikan Qatibah Nusantara. Jadi, kelompok-kelompoknya sudah kami ketahui dan dilakukan pengejaran," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Budi Gunawan juga membenarkan bahwa kelompok teror yang beraksi di Ibu Kota hari ini ada hubungannya dengan kelompok radikal ISIS. Hasil deteksi Polri diketahui, ada komunikasi antara kelompok Bahrun Nain dan kelompok Abu Jundi dari Solo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement