Ahad 10 Jan 2016 19:38 WIB

Pembangunan Seperti ‘Poco-Poco’, Megawati: Sudah Saatnya Indonesia Punya GBHN

Rep: Agus Raharjo/ Red: Maman Sudiaman
Megawati
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) bersama Presiden Joko Widodo (kiri.)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rakernas I ini, Megawati Soekarno Putri meminta seluruh kader untuk menyeimbangkan pikiran dan idenya dalam konsep pembangunan nasional semesta berencana. Konsep ini menjadi satu gagasan PDIP untuk mulai mengembalikan pola pembangunan jangka panjang yang dulu pernah dilakukan oleh Indonesia melalui GBHN. 

Presiden RI kelima ini juga menegaskan pada seluruh kader PDIP agar mengkaji serius pola pembangunan nasional semesta berencana ini dengan proses yang terjadi di Dewan Perancang Nasional. PDIP ingin menghidupkan kembali pola pembangunan nasional semesta berencana seperti GBHN.

Salah satunya adalah dengan mengembalikan wewenang MPR RI untuk mengeluarkan TAP MPR terkait pola pembangunan yang mengikat semua pihak dan wajib dijalankan oleh pemerintahan di semua tingkatan. Selain itu, soal kemungkinan merintis Undang-Undang sistem perencanaan pembangunan nasional menjadi UU tentang pembangunan semesta berencana. 

Menurut Megawati, dengan penguatan UU tersebut, dapat disusun sifat tugas sektor dan ruang lingkup pembangunan yang berwatak kesemestaan. “Tujuannya agar bangsa ini memiliki konsep dan strategi pembangunan nasional yang tidak terbatas pada lima tahunan usia politik saja,” tegas Megawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement