Kamis 07 Jan 2016 17:24 WIB

Mendes: Pelayanan BUMDes Kabupaten Bogor Harus Maksimal

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Djibril Muhammad
Marwan Jafar
Foto: Republika/Prayogi
Marwan Jafar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kabupaten Bogor dimaksimalkan. Dia juga berharap masyarakat secara aktif mendukung program BUMDes.

"Dana desa yang sudah disalurkan dapat digunakan untuk membangun pasar desa yang dikelola melalui BUMDes. Saya meminta agar masyarakat berperan aktif mendukung program ini khususnya ibu-ibu," ujar dia dalam siaran pers, Kamis (7/1).

Marwan pun mengunjungi salah satu kantor BUMDes di Sukamanah, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk memantau program BUMDes. Menurut dia kegiatan yang dilaksanakan BUMDes Sukamanah dinilai cukup baik dan harus terus dikembangkan.

Saat ini BUMDes yang terdapat di Kabupaten Bogor hanya sekitar 123 saja dari 416 desa. Padahal ekonomi masyarakat akan sangat terbantu jika BUMDES di perbanyak.

Kepala Desa Sukamanah, Ismail mengatakan bahwa BUMDES telah banyak membantu kebutuhan warganya. BUMDes terbentuk sejak 2010 ini telah mengelola pasar desa, pelayanan air bersih dan simpan pinjam.

Khusus simpan pinjam anggarannya diambil dari dana desa. Pihaknya mengalokasikan anggaran simpan pinjam sebesar 1,3 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement