Ahad 27 Dec 2015 22:02 WIB

Penerima Bantuan PKH di Sukabumi Bertambah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Seorang lelaki dari keluarga miskin mengangkut anak dan istrinya dengan gerobak di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Selasa (15/4). (foto: Raisan Al Farisi)
Seorang lelaki dari keluarga miskin mengangkut anak dan istrinya dengan gerobak di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Selasa (15/4). (foto: Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kota Sukabumi bertambah banyak. Sebab, saat ini warga yang mendapatkan bantuan PKH bertambah menjadi tujuh kecamatan.

Awalnya, warga penerima PKH hanya berasal dari empat kecamatan yakni Warudoyong, Gunungpuyuh, Baros, dan Cibeureum. "Pada penyaluran tahap empat ini ada tambahan penerima PKH dari tiga kecamatan lainnya," ujar Manajer Pelayanan Kantor Pos Sukabumi Sudirman kepada wartawan di Kantor Pos Sukabumi Ahad (27/12).

Ketiga kecamatan itu yakni Cikole, Lembursitu, dan Citamiang. Awalnya, jumlah penerima PKH di Kota Sukabumi mencapai sebanyak 1.812 rumah tangga sasaran masyarakat (RTSM). Dengan penambahan dari tiga kecamatana maka jumlah penerima dana PKH menjadi sebanyak 4.728 RTSM.

Diterangkan Sudirman, proses penyaluran dana PKH tahap ke empat ini berlangsung sejak Sabtu (26/12) lalu hingga Selasa (29/12) mendatang. Lokasi pencairan dana PKH di antaranya dilakukan di Kantor Pos Sukabumi maupun kantor kecamatan.

Total dana PKH untuk warga Sukabumi yang dikucurkan mencapai sebanyak Rp 1.774.226.250.Selama ini lanjut Sudirman, proses pencairan dana PKH di Sukabumi belum mengalami hambatan. Bahkan, tingkat penyerapan dana PKH setiap tahapannya mencapai rata-rata 100 persen.

Sudirman mengungkapkan, keakuratan data penerima dana PKH didasarkan pada proses verifikasi dari pendamping PKH yang ditunjuk pemerintah. Sehingga data tersebut dapat dipertanggungjawabkan.Koordinator Uni Pelaksana PKH (UPPKH) Kota Sukabumi Angga Derajat menambahkan, penambahan warga penerima PKH didasarkan pengajuan dari Pemkot Sukabumi.

"Kementerian Sosial akhirnya menerima permohonan tersebut," kata dia.

Angga menerangkan, setiap RTSM menerima besaran dana PKH yang bervariasi tergantung komponen kesehatan maupun pendidikan. Misalnya komponen bantuan untuk ibu hamil atau menyusui dan anak yang masih sekolah di tingkat SD maupun SMP. Bantuan ini diharapkan bisa membantu warga yang sangat membutuhkan untuk biaya kesehatan maupun pendidikan.

Proses penyaluran dana PKH ini mendapatkan pantauan langsung dari Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. "Penyaluran dana PKH ini semoga bisa membantu warga," terang dia yang meninjau penyaluran dana PKH di Kantor Pos Sukabumi, Ahad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement