Ahad 27 Dec 2015 12:58 WIB

Ini Cara Unik Polwan Cikarang untuk Cegah Meningkatnya Kecelakaan

Rep: C39/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah polwan bersepeda saat
Sejumlah polwan bersepeda saat "Gelar Sarana Prasarana Lalu Lintas" di Polda Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/7). (Antara/Zabur Karuru)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam liburan panjang tahun baru 2016 dan Natal, sejumlah polisi wanita (Polwan) di GT Cikarang menggelar aksi simpatik bagi-bagi permen untuk para pengendara roda 4.

Sambil membagi-bagikan permen, polwan tersebut sekaligus mengimbau keselamatan bagi para pengendara. "Aksi simpatik Polwan Dit Lantas PMJ membagikan permen ke pengemudi dan himbauan keselamatan," tulis akun TMC Polda Metro Jaya, Ahad (27/12) pukul 10.28 WIB.

Tampak dalam sebuah foto di akun tersebut, beberapa Polwan tengah memakai rompi khas lalu lintas berwarna hijau cerah, sedangkan beberapa lainnya memakai kostum berwarna cokelat.

Kegiatan seperti ini biasanya tidak hanya dilakukan pada momen liburan kali ini saja. Di hari-hari besar lainnya pihak kepolisian juga menggelar aksi serupa, seperti pada Hari Kartini dan Hari Raya Idul Fitri di tahun 2015. Tidak hanya permen, kadang mereka juga menggunakan bunga.

Seperti diketahui, angka kecelakaan di Indonesia selama 2015 cukup tinggi. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Mabes Polri hingga September 2015 lalu, jumlah kasus kecelakaan lalu llintas mencapai 23.000 kasus. Dari angka tersebut,tercatat 23.000 korban meninggal dunia.

Angka kecelakaan tersebut, selain diakibatkan human error dan sifat tidak disiplin pengendara, juga karena dipengaruhi cara pandanng masyarakat terhadap kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement