Ahad 27 Dec 2015 00:25 WIB

GTO Akan Dibuka Otomatis Saat Antrian Kendaraan Mencapai 30

Rep: C21/ Red: Taufik Rachman
Kendaraan memasuki gerbang keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (13/7).   (Republika/Raisan Al Farisi)
Kendaraan memasuki gerbang keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (13/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Gerbang Tol Otomatis (GTO) di Cikampek, Karawang dan Merak akan terbuka sendiri saat panjang antrian telah mencapai 30 kendaraan. Hal itu, dilakukan setelah rapat kordinasi bersama terkait long weekend pertama, Operasi Lilin 2015.

"Nanti yang akan bayar Jasamarga, agar gerbangnya lancar," ujar Direktur Utama PT Jasamarga, Adityamarwan, Sabtu (26/12).

Dengan pola ini, saat artrian pintu gardu tol telah membuat kemacetan sepanjang 30 kendaraan, gerbang akan terbuka sendiri.

Hal ini dilakukan untuk melancarkan arus balik. Terutama untuk mereka yang kembali dari libur panjang natal. Dia menekankan pengendara tidak perlu membayar.

Selain itu, Contra Flow juga akan diberlakukan dari Tol Cikampek dari kilometer 65 sampai kilometer 48, sekitar 17 kilometer jauhnya. Hal itu dilakukan agar jalan kembali ke Jakarta menjadi lebih besar, sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat lebih banyak.

Untuk kepadatan di Tol Cikampek diperkirakan terjadi pada pukul 12.00 Wib - 13.00 Wib. Menurut pengalaman sebelumnya, Contra Flow dilakukan dari pukul 17.00 Wib atau 18.00 Wib. Namun hal itu, perlu kordinasi dengan teman-teman di Tol Cipali. "Komando kepolisian, kita hanya lakukan koordinasi," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement