Sabtu 26 Dec 2015 19:38 WIB

Polda Metro Siapkan Antisipasi Arus Balik Libur Panjang

Kapolda Metro Jaya, Tito Karnavian
Foto: JAK TV
Kapolda Metro Jaya, Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya bersama instansi terkait akan menyiapkan antisipasi arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad, Natal dan Tahun Baru.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan pihaknya mempersiapkan pengamanan dan antisipasi arus balik dari Cikampek menuju Jakarta.

Selain itu, petugas juga akan siaga pada jalur Puncak dan Ciawi lewat Tol Jagorawi, serta kendaraan dari Merak Banten yang melintasi Tol Tangerang-Jakarta.

Mantan Kapolda Papua itu memperkirakan jumlah kendaraan arus balik menuju Jakarta diperkirakan pada Senin (27/12) mulai pukul 13.00 WIB.

"Kita perkirakan arus mulai ramai pada pukul 13.00 WIB hingga sore dan malam hari," ujarnya, Sabtu (26/12).

Ia beralasan masyarakat akan kembali beraktifitas di Jakarta mulai Senin hingga Kamis pada pekan depan sebelum masuk libur Tahun Baru pada Jumat (1/1).

Petugas gabungan juga menyiapkan pengalihan arus kendaraan saat terjadi kepadatan lalu lintas pada pintu masuk tol.

Contohnya kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dialihkan masuk arteri Karawang-Bekasi yang disiapkan pos pengamanan dari Polri dan Dinas Perhubungan setempat.

Selanjutnya, pengelola jalan tol PT Jasa Marga membuka akses jalur lebih luas seperti pemberlakuan contra flow dari wilayah Cikampek menuju Jakarta. Termasuk masalah keterlambatan transaksi pada pintu pengambilan tiket maupun pembayaran.

Antisipasi lainnya penempatan petugas pada lokasi istirahat (rest area) dan bahu jalan yang rawan terjadi kemacetan karena pengemudi memarkirkan kendaraan untuk beristirahat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement