Jumat 25 Dec 2015 07:03 WIB

Liburan, Hunian Hotel di Sukabumi Diprediksi 100 Persen

Rep: riga nurul iman/ Red: Ani Nursalikah
Hunian Hotel
Foto: Antara
Hunian Hotel

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tingkat hunian hotel di Kabupaten Sukabumi diperkirakan akan mencapai 100 persen. Hal ini terjadi karena meningkatnya jumlah wisatawan pada momen liburan Natal dan akhir tahun 2015.

"Diperkirakan, pada 27 Desember mendatang 100 persen kamar sudah fully booked," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukabumi Dadang Hendar kepada Republika.co.id, Jumat (25/12).

Kondisi ini terjadi baik di hotel yang berada di selatan maupun utara Sukabumi. Pada momen libur Natal kata Dadang, tingkat hunian hotel rata-rata mencapai 60 persen hingga 70 persen. Tingkat hunian hotel paling tinggi berada di selatan yang sudah 70 persen.

Wilayah selatan terkenal dengan obyek wisata pantainya. Sementara tingkat hunian hotel di utara Sukabumi yang terkenal dengan wisata pegunungannya baru sekitar 60 persen. Namun, menjelang akhir tahun tingkat hunian akan meningkat karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Dadang mengungkapkan, para wisatawan yang datang mayoritas berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Selain itu datang dari daerah Jawa Barat lainnya seperti Cianjur, Karawang, dan Bandung. Melonjaknya jumlah wisatawan ini akan menggerakkan roda perekonomian warga di sekitar lokasi objek wisata.

"Nelayan misalnya akan meningkat penjualannya karena banyak wisatawan yang membeli ikan," imbuh dia.

 

Baca juga:

SAR: Total Korban KM Marina 63 Orang

Seperti di Film The Martian, Kentang Dicoba Dibudidayakan di Mars

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement