Rabu 23 Dec 2015 11:48 WIB

69 Penumpang KM Marina Baru Masih Dicari

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Tim SAR menempel data korban tenggelamnya KM Marina Baru 2B di Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (23/12).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Tim SAR menempel data korban tenggelamnya KM Marina Baru 2B di Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim SAR gabungan masih berupaya mencari 69 penumpang KM Marina Baru yang mengalami kecelakaan pada Sabtu (19/2) lalu. Kepala Basarnas Letjen FHB Bambang Sulis‎tyo mengungkapkan, hingga Rabu (23/12) siang ini dilaporkan telah ditemukan 47 korban dengan rincian 40 penumpang selamat dan tujuh lainnya meninggal dunia. Dengan begitu, berdasarkan total penumpang yang tercatat di manifest kapal sebanyak 116 orang, maka masih ada 69 penumpang lagi yang harus dicari.

Bambang juga menjelaskan bahwa Badan SAR Nasional dan juga tim gabungan sebetulnya telah bergerak sejak pukul 17.30 WITA pada hari terjadinya kecelakaan pada Sabtu lalu. Basarnas sudah mendapat laporan perihal adanya kecelakan pada pukul 15.50 WITA, dengan kejadian kecelakaan pada siang harinya.

"Kemudian dari kekuatan SAR gabungan yang ada di sekitar lokasi mulai bergerak untuk menuju titik lokasi pada pukul 17.30. Tetapi apa yang terjadi pada waktu itu, gelombang laut lima sampai enam meter. Dan saya konfirmasi hal ini kepada penumpang yang selamat. Saya tanyakan langsung kondisi itu dan memang benar bahwa gelombang sangat tinggi," kata Bambang, Rabu (23/12).

Sehingga, kata Bambang, ada beberapa kapal pada hari yang sama telah bergerak tetapi kemudian kembali lagi ke pos karena tidak mampu hadapi gelombang.

"Kemudian, mulai hari pertama minggu pagi baru kita bisa masuk karena cuaca mendukung. Pada waktu itu ada 7 kapal yang masuk daerah operasi," ujar Bambang.

(Baca juga: Nelayan Kembali Temukan Mayat Korban Tewas KM Marina Baru)

Jumlah kekuatan yang bergerak saat ini ada sembilan kapal untuk pencarian ditambah dengan helikopter dari Basarnas dan TNI Angkatan Udara. Basarnas mengirim dua kapal yaitu KM Pacitan dan KM 210. Kapal itu ditambah tiga rig dari Basarnas dan ditambah kapal dari KPLP. Kekuatan pencarian ditambah kapal dari perusahaan pemilik KM Marina Baru, Marina Ekspres, yang ikut lakukan operasi pada Ahad pagi.

"Lalu dibantu Pangkoops untuk gerakkan pesawat CN 235 MPA dan heli Basarnas lakukan searching dari udara. Dan hasilnya Tim Sar gabungan saat itu bisa selamatkan 32 penumpang dalam kondisi selamat," kata Bambang.

Hingga saat ini, pencarian terus dilakukan di area perairan di jalur yang dilewati KM Marina Baru rute Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara - Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dengan area seluas 128 km persegi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement