Selasa 15 Dec 2015 10:08 WIB

Hati-Hati Saat Membeli Ayam Terlalu Murah

Rep: c30/ Red: Angga Indrawan
Ayam tiren
Ayam tiren

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Seksi Dinas Peternakan dan Kesehatan Jakarta Timur, Faizah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat membeli ayam. Kini masih marak beredar bisnis ayam tiren ini di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

"Mereka ini memakan bangkai, tentu saja ini bahaya dan tidak layak konsumsi, bahkan secara agama pun tidak halal," ujar Faizah, Selasa (15/12).

Baca: Polisi Gerebek Gudang Jual Beli Ayam Bangkai

Menurut Faizah di dalam tubuh ayam tiren ini terdapat penyakit zonosis dan penyakit lainnya yang dibawa oleh ayam. Yang apabila dikonsumsi, akan menimbulkan penyakit juga bagi yang memakannya.

Sedangkan saat ditanya apa penyebab ayam tersebut mati, Faizah mengatakan berbagai alasan bisa membuat ayam tersebut mati sebelum sampai di penampungan. Misalnya, terlalu lama di perjalanan, bergencat-gencatan dengan ayam lain, sopir yang mengerem mendadak, ayam yang syok, atau mungkin ayamnya sendiri dalam kondisi sakit.

Untuk itu Faizah menghimbau supaya masyarakat lebih cerdas lagi dalam membeli ayam. "Jangan asal murah, kalau murahnya tidak wajar justru patut dicurigai," ujarnya memperingatkan.

Sedangkan untuk ciri-cirinya, Faizah menyampaikan jangan membeli ayam yang sudah tercium bau busuk bangkai, terdapat banyak pembuluh darah yang masih merah karena ayam mati dan darah terjebak di dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement