Jumat 20 Nov 2015 17:50 WIB

Usai Jumatan, Massa Buruh Berkumpul di Tugu Proklamasi

Rep: c21/ Red: Maman Sudiaman
Long march buruh di Jakarta, Jumat (20/11).
Foto: Foto: Aji Nugroho
Long march buruh di Jakarta, Jumat (20/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah gabungan beberapa serikat buruh yang melakukan long march telah tiba di Tugu Proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/11). Ribuan buruh telah tiba dari aksi long march, sejak pukul 15.30 WIB.

"Sekitar ratusan dari wilayah Bandung, Puwakarta, Karawang dan Lampung," ujar salah satu anggota serikat buruh, Iguhu Pratomo, Jumat (20/11).

Menurut Iguhu, sejak semalam beberapa anggota buruh yang berjumlah ratusan telah menginap di Balai Rakyat Cakung. Selanjutnya sekitar pukul 08.30 WIB, mereka mulai berjalan memasuki kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Mereka istirahat sebentar, serta menyempatkan untuk menunaikan shalat Jumat. Setelah itu, mereka kembali melanjutkan perjalanan pada pukul 13.00 WIB, melalui Jalan Pemuda, Jalan Pramuka dan baru ke arah Tugu Proklamasi.

Selain berjalan kaki mereka tidak juga didampingi sekitar 20 sampai 30 kendaraan roda dua. Sementara saat berjalan kaki, mereka juga diantar oleh beberapa anggota kepolisian. Namun kemungkinan, ada ekstavet dari satu satu pos ke pos lain.

"Di jalan pun, partisipasi dari buruh kerap bertambah jumlahnya. Namun hanya mereka yang menggunakan sepeda motor," terang dia.

Terakhir, Iguhu mengatakan belum tahu, aksi akan dilanjutkan ke Monumen Nasional (Monas) atau tidak. "Tapi kemungkinan tidak," kata Iguhu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement