Jumat 20 Nov 2015 13:36 WIB

Buruh Demo ke Istana, Polisi Belum Alihkan Arus Lalin

Rep: c21/ Red: Maman Sudiaman
 Long march buruh di Jakarta, Jumat (20/11).
Foto: Foto: Aji Nugroho
Long march buruh di Jakarta, Jumat (20/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tugu Proklamasi diperkirakan akan dipenuhi oleh masa buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Upah Gerakan Buruh Indonesia. Sebelum ke Istana sebagai tujuan demo, massa buruh menggelar long march dengan titik kumpul di Tugu Proklamasi.

Sekitar 2.000 buruh dari berbagai tempat semisal Bandung dan Lampung menggelar long march untuk menuju Jakarta. Arus lali lintas (lalin) dari berbagai ruas jalan di Jakarta dipastikan akan tersendat.

Namun, Kasub Bag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno menyatakan belum ada rencana tentang pengalihan arus di kawasan Tugu Proklamasi, Menteng dan sekitarnya. "Kalau masalah pengalihan arus, kita lihiat kondisi di lapangan. Jika memang harus, akan dilakukan. Tapi, sejauh ini belum akan dilakukan," kata dia, Jumat (20/11).

Jika sejumlah buruh akan melakukan long march ke Istana Negara, pihak kepolisian akan melakukan penjagaan di sekitar Istana Negara. (Baca juga: Buruh b

"Jika perwakilannya saja yang akan ke Istana dan mau melakukan long march, kita akan sediakan rutenya. Jika seluruhnya yang ingin long march, kita juga akan sediakan rutenya," kata dia. "Tapi, diperkirakan hanya perwakilannya saja yang akan menuju Istana Negara." (Baca juga: Siang Ini Buruh Berkumpul di Tugu Proklamasi).

Selain itu, Suyatno menuturkan personel gabungan TNI dan kepolisian telah bersiap-siap di seputaran Istana Negara. Tentu saja, selain melakukan penjagaan di kawasan Tugu Proklamasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement