Kamis 19 Nov 2015 16:35 WIB

Polda Metro Pastikan Kantor Kedutaan Aman

Rep: c33/ Red: Angga Indrawan
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal.
Foto: Antara
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya memastikan situasi semua kantor kedutaan negara-negara asing di Indonesia dalam kondisi aman. Namun dari pantauan, belum nampak penambahan jumlah pengamanan yang cukup signifikan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan semua kedutaan guna menjaga keamanan. Pengamanan di wilayah kedutaan masih menjadi bagian tanggungjawab Polda Metro Jaya.

"Kita memastikan keamanan kedutaan yang merupakan perwakilan negara asing di Indonesia," ujarnya pada Kamis (19/11).

Berdasarkan pantauan di sejumlah kedutaan besar di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan tidak tampak adanya peningkatan pengamanan yang cukup signifikan. Pengamanan hanya dilakukan oleh staf keamanan resmi dari negara yang bersangkutan. Belum nampak adanya aparat kepolisian yang berjaga-jaga di Kedutaan-Kedutaan sejumlah negara seperti India, Australia, Arab Saudi atau Belanda yang berlokasi di daerah tersebut.

Di kedutaan Australia contohnya hanya ada kurang dari sepuluh staf pengamanan yang berjaga-jaga di depan dan pintu masuk kedutaan. Salah seorang petugas, Sartono mengatakan belum ada peningkatan pengamanan.

"Pengamanan hanya standar saja seperti biasanya," ujarnya saat ditemui pada Kamis (19/11).

Sementara itu, ketika ditanyai perihal penambahan jumlah pengamanan di kedutaan, Iqbal tidak bisa menyebutkan jumlahnya secara pasti. Namun ia menegaskan situasi saat ini dalam kondisi aman.

"Kita sebarkan intel di lokasi-lokasi itu," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement