Jumat 06 Nov 2015 13:33 WIB

Tahun Baru Islam dan Tantangan Pasar Tradisional

Red: M Akbar
Sandiaga Uno

Saya memiliki keyakinan, usaha memperjuangkan para pedagang di pasar tradisional adalah tanggung jawab semua pihak. Para pedagang tradisional bukanlah beban ekonomi, alih-alih justru mereka adalah aktor-aktor penting yang menggerakkan perekonomian nasional.

Kita harus membangun kembali kepercayaan diri para pedagang tradisional dengan ikut turun tangan merevitalisasi pasar-pasar tradisional sehingga mudah diakses, aman dan bersih serta menawarkan kenyamanan serta pengalaman unik bagi setiap pembeli.

Di sisi lain, kita harus mempercepat akselerasi para pedagang ini dengan kemajuan teknologi. Salah satunya dengan mendorong sektor-sektor usaha seperti e-commerce untuk memberikan kesempatan dan pelatihan kepada para pedagang tradisional untuk bisa terlibat dalam pasar dunia maya yang mereka ciptakan. Dan terakhir, kita harus mendorong pemerintah untuk memberikan insentif sehingga para pedagang ini mampu bersaing dengan pasar-pasar modern yang disokong oleh kekuatan modal besar.

Semoga pada setiap pergantian tahun Islam kita tidak hanya menandai sebagai hari libur nasional, tetapi juga mengingatkan kita akan semangat kemandirian dan kemerdekaan ekonomi, terjalinnya silaturrahmi dan kesempatan yang luas untuk siapa pun yang memiliki etos tinggi.     

   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement