Sabtu 31 Oct 2015 20:37 WIB

Pak Raden Menjadi Sosok Ikonik

Rep: C30/ Red: Ilham
Pak Raden
Foto: Agung Fatma
Pak Raden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak tahu Pak Raden, tokoh yang terkenal pelit dan suka marah-marah dalam serial boneka "Si Unyil". Pencipta tokoh si Unyil dan Pak Raden ini adalah Suyadi, seniman yang telah berpulang kemarin malam (30/10).

Bukan hanya dua tokoh tersebut, Suyadi juga menciptakan karakter lain  seperti Pak Ogah dan Bu Bariah. Selain pandai mendongeng dan membuat boneka, dia juga hobi mendalang dan pandai membuat ilustrasi buku-buku anak dan sketsa. Hanya saja, Allah lebih mencintai dia, Suyadi berpulang di usianya 82 tahun.

Aktor Dwi Andhika (29) berharap akan ada komunitas yang mengidolakan Pak Raden, sehingga sosoknya akan terus dikenang. Mungkin bagi anak-anak generasi 80-an dan 90-an yang masih sempat melihat hasil karyanya tersebut.

"Supaya bisa kembali mengingat masa-masa kecil dia ditemai oleh sang maestro dongeng, seorang entertainer sejati, dan menjadi ikonik," tutur Dwi Andhika, saat dibubungi Republika.co.id, Sabtu (31/10).

Dwi Andika atau akrab dipanggil Dika merasa kangen akan film-film lawas Indonesia. Menurutnya, program-program stasiun televisi 'dulu' banyak yang memasukkan unsur-unsur edukatif, baik itu di film "Si Unyil" maupun sinetron.

"Tapi memang program si Unyil yang mencerminkan dan menonjolkan karakter Indonesia dan menjadi idola anak bangsa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement