Jumat 30 Oct 2015 17:33 WIB

Jokowi Minta Suku Anak Dalam Jambi Tinggal Menetap

Rep: C13/ Red: Nur Aini
Orang Rimba/Suku Anak Dalam
Foto: GARUDAMAGAZINE.COM
Orang Rimba/Suku Anak Dalam

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Presiden Joko Widodo berjanji meningkatkan kesejahteraan masyarakat suku anak dalam Tumenggung, Jambi. Hal ini diungkapkannya ketika berkunjung ke wilayah suku anak dalam Tumenggung, Desa  Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Jumat (30/10).

Selama ini, Jokowi mengetahui bahwa masyarakat suku anak dalam acapkali berpindah-pindah tempat tinggalnya. Karena itu, ia berkeinginan agar suku ini bisa memiliki tempat tinggal tetap. "Mereka perlu memiliki tempat tinggal tetap ke depan," ujar Jokowi di Sarolangun.

Menurut Jokowi, di wilayah ini memang sudah dibangun beberapa perumahan dari pemerintah. Namun ia menilai perumahan dari kayu itu masih kurang, yakni belum ada sumur. Ke depan, ia menjanjikan akan membuatkan sumur untuk suku anak dalam.  Ia juga berencana untuk membantu masyarakat yang listriknya diputus oleh PLN.

"Nanti saya akan bilang ke PLN supaya listrik yang dicopot dihidupkan kembali," ujar dia.

Selain tempat tinggal, suku anak dalam juga perlu dikembangkan lagi pendapatannya. Sejauh ini, beberapa anak suku anak dalam sudah ada yang mengenyam pendidikan, yakni dikenal sekolah rimba. "Itu bagus untuk pendidikan mereka," ujar dia.

Selain Jokowi, kunjungan ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan (MenkoPMK), Puan Maharani dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek. Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, Plt Gubernur Jambi dan Bupati Sarolangun juga ikut dalam kunjungan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement