Kamis 22 Oct 2015 06:33 WIB

Dirlantas Yakin Polisi Jarang Langgar Lalu Lintas

Polisi lalu lintas mengatur jalan di sebelah bus yang terguling.
Foto: Antara
Polisi lalu lintas mengatur jalan di sebelah bus yang terguling.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Agus Suryonugroho mengaku yakin anggota Polri di Polda Babel sangat jarang melakukan pelanggaran lalu lintas terutama tidak memakai helm setiap berkendara.

"Saya yakin personel di sini jarang yang melanggar lantas seperti tidak menggunakan helm, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Karena memang dari awal internal kami terus diingatkan karena mereka menjadi teladan masyarakat," katanya di Pangkalpinang, Rabu (21/10).

Dia menyebutkan, penindakan personel merupakan ranah Propam. Selain itu, sebagai anggota personel Polri tersebut harus taat berlalu lintas. Dia menyebutkan, sebelumnya Polres jajaran sempat menilang anggota karena kendaraan bermotor tidak lengkap, tanpa kaca spion dan plat nomor kendaraan hingga berknalpot racing.

"Penindakan itu merupakan bukti upaya aparat mendisiplinkan internal. Namun sejauh ini memang belum ada anggota Polri yang ditilang karena tidak mengenakan helm saat berkendara," katanya.

Dikatakannya, saat ini pihaknya menggelar Operasi Zebra Menumbing 2015 yang berlangsung selama 14 hari ke depan dengan tujuannya seperti terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, lancar dan selamat serta menurunnya angka kecelakaan.

Selain itu, tujuan lainnya yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor. Kemudian juga demi terciptanya kepercayaan masyarakat kepada Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

"Operasi itu juga untuk menurunkan lakalantas terutama dengan korban yang berakibat fatal juga mengurangi tingkat pelanggaran, kemacetan dan kesemerawutan lalu-lintas," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement