Sabtu 17 Oct 2015 20:18 WIB
Insiden Aceh Singkil

Pangdam: Ada yang Aneh di Balik Arus Pengungsian Aceh Singkil

Rep: C14/ Red: Ilham
Pangdam Iskandar Muda Mayjen Agus Kriswanto (kanan).
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, Agus lantas menjelaskan, sebenarnya hubungan sosial antara warga Muslimin dan Nasrani berlangsung harmonis. Hanya saja, dia menekankan, memang ada ganjalan dalam hal pendirian rumah ibadah ilegal. Sejumlah peraturan daerah terkait itu pun tak terlalu dipatuhi oleh kalangan tertentu.

"(Hambatannya ialah pendirian) Rumah ibadah yang tanpa izin," katanya.

Terkait data pengungsi, dia mengaku sudah menemui langsung para warga Aceh Singkil pengungsi di sejumlah tempat di Sumatera Utara. Dia lantas memastikan, jumlah total pengungsi yakni 4.900 jiwa. Di antaranya, tercatat sebanyak 3.733 orang hingga hari ini sudah dipulangkan.

Yang menjadi hambatan dalam pemulangan, menurut dia, hanyalah soal akomodasi, semisal kondisi infrastruktur jalan yang tak mulus. "Mereka sudah ingin balik. Ada juga yang izin, saya enggak pulang dulu begitu," ucapnya.

Pertemuan hari ini belum tercapai kesimpulan apa pun. Pertemuan ini terutama untuk menampung aspirasi masyarakat Muslimin Aceh Singkil. Khususnya, terkait penertiban rumah-rumah ibadah ilegal.

Meskipun berlangsung selama lima jam, dia menampik pertemuan berlangsung alot. Rencananya, hasil pertemuan ini akan dielaborasi dengan hasil pertemuan pihaknya dengan perwakilan Nasrani Aceh Singkil, yang sudah berlangsung sebelumnya.

"Enggak (alot). Karena memang kan tidak mungkin langsung diputuskan. Karena ada pihak lain, dari pihak Nasrani, yang tidak hadir, kan," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Republika.co.id, Bupati Aceh Singkil hari ini sedang ada di Kota Singkil, sehingga tak hadir dalam pertemuan tertutup ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement